ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP JASA PELAYANAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Agil Putra Frima
  • M. Nursaifi Yulius

Keywords:

Jasa Pelayanan Pendidikan. Kepuasan Pelanggan, Servqual.

Abstract

Penerapan manajemen mutu pendidikan yang popular dengan istilah total quality education (TQE) menekankan pada pencarian secara konsisten terhadap perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai kepuasan pelanggan terhadap jasa pelayanan pendidikan. Tujuan penelitian ini meganalisa tingkat kepuasan pelanggan terhadap jasa pelayanan pendidikan di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta sehingga jasa pelayanan pendidikan bisa ditingkatkan, mengidentifikasi tingkat kesesuaian jasa pelayanan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dengan menggunakan metode service quality. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta dengan menggunakan metode Servqual. Servqual mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan jasa pelayanan pendidikan. Hasil nilai persepsi kepuasan tertinggi yaitu Tenaga pendidik Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta menggunakan metode, media dan alat yang mendukung proses perkuliahan. Persepsi kepentingan tertinggi yaitu Ketersiadaan buku-buku sebagai sumber pendukung pembelajaran mahasiswa di perpustakaan dan Tenaga pendidik memilki kompetensi di bidangnya. Tingkat kesenjangan tertinggi yaitu Tenaga pendidik dapat dengan mudah dihubungi oleh mahasiswa untuk keperluan akademik, Tingkat kesesuai tertinggi yaitu Tenaga pendidik menggunakan metode, media dan alat yang mendukung proses perkuliahan.

References

Suparman. 2008. Mungkinkah Model “Servqual” di Terapkan di Pelayanan Kesehatan. Dalam Warta Widyaiswara,Edisi Desember 2008.

Fathoni. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Metode Servqual. Dalam Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 14 Nopember 2009 di Bali (Prosiding).

Ikhsan, Angga Hicoan M. 2020. Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Dengan Menggunakan Metode Servqual Dan Quality Function Deployment Pada Fakultas Teknologi Industri (studi kasus: universitas bung hatta). Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta. Padang

Sulistiyowati1, Wiwik; Hari Supriyanto,Mokh.Suef. Integrasi Metode Servqual, Lean Dan Six Sigma Implementasi : PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, APJ Surabaya Selatan – UPJ Ngagel.

Mc Leod, R. (2007). Management Information Systems. 10th.ed., Upper Saddle River: Pearson Education.

Alexandria dan Curry, Adrienne. (2001). “Service improvements in public services using Servqual”, Managin Service Quality, Vol. 11 (6), pp. 389-401.

Gaspersz, Vincent.2000. Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi Dengan ISO 9001:2002, MBNQA dan HACCP. Penerbit Gramedia

Gaspersz, Vincent.2007. Lean Six Sigma For Manufacturing And Service Industries. Penerbit Gramedia

Jongkey Mulia, Sri Widaningrum dan Amelia Kurniawati. 2011. Usulan Perbaikan Layanan Jasa Paket Regular Express (Studi Kasus pada PT Tiki JNE Bandung. Vol. 02, No. 23

Mayangsari, Novi. 2013. Evaluasi Pengendalian Internal Menggunakan Metode Lean Six Sigma Untuk Meningkatkan Efektivitas Dan Efesiensi Pada Aktivitas Pengiriman Barang PT. Olivia Arlly Belle Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2, No. 2

Downloads

Published

2023-03-12