ANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA CV. SUMBER JAYA BERBASIS E- COMMERCE DENGAN METODE E- SERVQUAL DAN KANO

Authors

  • Kurnia Nur Affandi
  • Yesmizarti Muchtiar

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, E- Servqual, Kano

Abstract

Pada perkembangan teknologi digital saat ini, semua bisa dilakukan secara online, memberikan kemudahan dalam berbisnis melalui sarana internet salah satunya e-commerce (electronic commerse). CV. Sumber Jaya saat ini menggunakan e-commerce dalam pemesanan tiket travel. Tetapi masih ditemukan kekurangan pada desain situs web dan keamanan bagi pelanggan pengguna jasa ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode e-service quality untuk melihat nilai gap (kesenjangan) antara persepsi dan harapan pelanggan terhadap pelayanan dari fasilitas yang dimiliki CV. Sumber Jaya. Dari selisih nilai gap yang paling besar akan digunakan metode Kano untuk mengetahui atribut-atribut must be (M), one-dimensional (O), attractive (A), indifference (I), reverse (R) dan questionable (Q). Hasil pengolahan data yang dilakukan didapatkan 21 variabel yang dikelompokkan kedalam 7 dimensi kualitas. Dari hasil metode Kano ada beberapa rekomendasi perbaikan yang perlu dilakukan yaitu pada variabel 3, variabel 7, variabel 8 dan variabel 9.

References

Kotler, Philip. 2008. Principle Of Marketing

th Edition. Prinsip-prinsip Pemasaran (12th

Ed). Ahli Bahasa: Sabran, Bob. Jakarta:

Erlangga.

Rintho Rante Rerung. (2018). E-Commerce.

Yogyakarta : Deepublish.

Tan, K.C. dan T.A. Pawitra. 2001. "Integrating

Servqual and Kano’s Model into QFD for

Service Excellence Development". Managing

Service Quality. 11(6); 418-430.

Wu, S. J. (2014). Relationship between

consumer characteristics attitude toward

online shopping. Marketing Intelligence &

Planning, 21(1), 37-44.

Downloads

Published

2024-03-26