Perencanaan Geometrik Dan Tebal Perkerasan Lentur (Flexible Pavement) Ruas Jalan Lubuk Selasih – Surian (STA 07+000 – STA 12+250)

Authors

  • Atri Oki Putra
  • Taufik Taufik
  • Eko Prayitno

Abstract

Laporan Akhir ini adalah perencanaan geometrik dan tebal perkerasan jalan Lubuk Selasih–Surian, Solok. Ruas jalan ini memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik lokal maupun nasional. Dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Lubuk Selasih - surian, sehingga dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam Perencanaan Jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan kelas jalan yang ada, data lalu lintas, data tanah sebagai pendukung, dan data peta kontur daerah. Dari hasil perhitungan – perhitungan, maka jalan Lubuk Selasih - Surian merupakan jalan kelas III A dengan kecepatan rencana bervariasi 20 - 60 km/jam, dan menggunakan 61 buah tikungan terdiri dari tikungan 29 Full Circle, 31 Spiral Circle Spiral, 1 Spiral Spiral. Dengan tebal perkerasan lapis permukaan segmen 1 AC-WC dengan tebal 40 mm, AC-BC dengan tebal 185 mm, CTB dengan tebal 150 mm, LPA kelas A 150 mm, peningkatan tanah dasar 100 mm. segmen 2, 3, dan 4 AC-WC dengan tebal 40 mm, AC-BC dengan tebal 185 mm, CTB dengan tebal 150 mm, LPA kelas A dengan tebal 150 mm.
Kata kunci: Geometrik, Alinyemen Horizontal, Vertikal, Perkerasan

References

Direktorat Jenderal Bina Marga,1997,Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, No.038/M/BM/1997. Bina Marga

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2013, Manual Desain Perkerasan Jalan, No. 02/M/BM/2013. Bina Marga

Silvia Sukirman, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Bandung.

Shierley L. Hendarsin, 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya, Bandung.

Ir. Hamirton Saodang MSCE, Perencanaan Perkerasan Jalan Raya, Bandung.

Downloads

Published

2017-07-12