PERENCANAAN GROIN PANTAI API-API KABUPATEN PESISIR SELATAN STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN PENGAMAN PANTAI API-API

Authors

  • ade pitri
  • mawardi samah
  • indra farni

Abstract

Abstrak
Fenomena alam yang terjadi disepanjang Pantai Api-Api Kabupaten Pesisir Selatan yaitu kawasan pantai yang hilang akibat erosi. Salah satu penanganan secara teori didirikan bangunan pantai berupa groin untuk memecah gelombang dan memecah energi sebelum mencapai area pantai. Sehingga erosi yang terjadi dapat di hilangkan.
Data-data teknis yang digunakan dalam perhitungan pada daerah kajian adalah data angin, data pasang surut, dan peta situasi. Perhitungan jarak seret gelombang (Fetch) di ambil dari arah barat dan arah barat daya dengan perbandingan gelombang metode Fisher Tippett Type-I dan metode Weibull. Untuk mempertahankan agar pasir yang telah diisikan tidak tererosi kembali karena tipe I dapat menahan angkutan sedimen sepanjang pantai dan mengendapkan sedimen pada sisi hulu bangunan groin sehingga pantai terbentuk kembali. Maka direncanakan groin tipe I.
Dari hasil perhitungan didapatkan posisi groin pada kedalaman gelombang pecah 1,11 m yang terjadi pada jarak 33,72 m dari garis pantai. Groin yang direncanakan sepanjang garis pantai sekitar 2 km diperoleh berdasarkan perhitungan yaitu 9 buah bangunan dengan panjang groin 60 m, tinggi 3,8 m dan lebar puncak groin 3 m. Pada perencanaan ini menggunakan material batu pecah dengan lapis pertama menggunakan batu diameter 0,55 m - 0,75 m dan lapis ke dua menggunakan batu diameter 1 m.
Kata Kunci : Erosi, Perencanaan, Groin, Batu Pecah

Downloads

Published

2013-04-01