PERANCANGAN SEKOLAH KHUSUS ANAK TUNAGRAHITA DI KOTA PADANG
Abstract
Pendidikan adalah hal yang mendasar dan penting bagi suatu bangsa dan negara. Pendidikan tidak hanya untuk anak yang normal saja, tetapi juga bagi anak berkebutuhan khusus. Sekolah khusus anak tunagrahita ini direncanakan sebagai bentuk tanggapan terhadap permasalahan pendidikan anak berkebutuhan khusus bagi anak tunagrahita. Hal ini disebabkan karena masih banyak masyarakat umum yang berasumsi bahwa anak tunagrahita ini merupakan anak yang tidak memiliki kemampuan apapun. Anak tunagrahita merupakan sebutan bagi anak yang memiliki kondisi kecerdasan dibawah rata-rata anak normal dan susah beradaptasi maupun berinteraksi sosial. Perilaku yang khusus dari mereka menuntut perlakuan yang khusus pula dalam pengajaran maupun orientasi mereka terhadap ruang. Berdasarkan kajian karakteristik anak tunagrahita tersebut, kemampuan Behavior Modifier menjadi komponen utama dalam merancang bangunan sekolah ini. kemampuan Behavior Modifier yaitu kemampuan mendisain yang dapat merubah perilaku dan kebiasaan sesuai dengan suasana ruang. Sekolah khusus anak tunagrahita ini memiliki tema Creative Programming. Penerapan Creative Programming digunakan untuk kawasan, konsep bangunan, serta direalisasikan pada bentuk gubahan masanya. Sekolah khusus anak tunagrahita ini diharapkan menjadi sekolah bagi tunagrahita pertama yang ada di kota Padang.
Kata Kunci : Pendidikan, Anak Tunagrahita, dan Sekolah khusus Anak Tunagrahita