KAJIAN ELEMEN PERANCANGAN KOTA DI KORIDOR PASAR SITEBA KOTA PADANG

Authors

  • Renti Pramita Kardian
  • Tomi Eriawan
  • Haryani Haryani

Abstract

Koridor Pasar Siteba letaknya strategis mudah dijangkau oleh masyarakat diseluruh kelurahan pada Kecamatan Nanggalo, sehingga peningkatan kebutuhan akan ruang bagi aktivitas perdagangan dan jasa menjadi padat. Sehingga perlu pemecahan permasalahan-permasalahan elemen perancangan kota pada Koridor Pasar Siteba yang tidak sesuai dengan Peraturan Walikota Padang, serta Standar/kebijakan/pedoman/dan teori yang berkaitan.

Pada tahap pengumpulan data metode yang digunakan yaitu survey primer dan survey sekunder. Sedangkanm metode analisis yang digunakan dalam Kajian Elemen Perancangan Kota di Koridor Pasar Siteba adalah dengan menggunakan analisis kriteria terukur dan membandingkan dengan Peraturan Walikota Padang dan Standar kebijakan penataan ruang yang berlaku lainnya.

Hasil penelitian yaitu perbandingan antara kondisi eksisting dengan Peraturan/ Kebijakan/ Standar/ Pedoman/ Teori yang berkaitan dengan elemen perancangan kota. Sehingga dapat diketahui masing-masing elemen perancangan kota pada kondisi eksisting yang berpotensi dan bermasalah.

 

Kata kunci: Perancangan Kota, Elemen Perancagan Kota, Koridor, Kriteria Terukur, 

References

Shirvani, Hamid. 1985. Urban Design Process

Materi Perkuliahan Perencanaan dan Perancangan Kawasan : Tomi Eriawan, S.T, M,T

Materi Perkuliahan Manajemen Transport : Fidel Miro SE,

Ricky. 2005. Identifikasi Elemen erancangan Kota Untu Mendukung Pengembangan Kawasan Padang Lama Sebagai Kawasan Wisata

Krismawardana, Deko. 2010. Penataan Kawasan Kridoor K.H Usmar Kota Teluk Kuantan Sebagai Pertimbangan dalam Penyusunan Panduan Perancangan (Design Guidline)

Downloads

Published

2017-07-12