PERENCANAAN JALAN LINTAS KERETA API ANTARA STASIUN MUARA KALABAN – TANJUNG AMPALU KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATRA BARAT

Authors

  • Yogi Alexander
  • Indra Farni
  • Indra Khaidir

Abstract

Pembangunan jalan Kereta Api Muaro Kalaban – Tanjung Ampalu ini adalah sebagai Akses jalur lintas Sumatra yang nantinya akan menghubungkan antar dua provinsi ( Sumbar – Riau ). Diharapkan ini kelak dapat mengurangi beban volume lalu lintas jalan raya, dan mengurangi kemacetan. Disamping itu dengan adanya jalur kereta api ini akan memacu pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat di sekitar Kabupaten Sijunjung dan Sawah lunto khususnya dan masyarakat Sumatera Barat umumnya. Perencanaan ini dimulai dari Km 151 + 400 s/d 164 + 400 ( 13 Km ), Direncanakan kereta api kelas II dengan 1 ( satu ) sepur, Desain geometri meliputi vertikal dan horizontal, dari hasil perencanaan di peroleh tebal balas 30 cm, bantalan beton, rel digunakan type R54 dengan tegangan 1193,1 kg/cm, kecepatan rencana 110 km/jam, lebar sepur jalur lurus 1067 mm, lebar sepur di tekungan 1072, 1077, 1082, jarak antara bantalan 60 cm, kebutuhan bantalan beton 10.328 batang, beban gandar maksimum 18 ton.
Kata kunci : Perencanaan Geometri, Perencanaan Jalan Rel, Perencanaan satu sepur

References

Pd-10- Perencanaan Kontruksi jalan rel, PM no 28 tahun 2011, Perusahaan Jawatan kereta Api,

Downloads

Published

2017-07-12