PERENCANAAN GEOMETRIK DAN PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR (FLEXIBEL PAVEMENT) RUAS JALAN NIPAH – TELUK BAYUR PADANG (STA 2+700 s/d 3+600)
Abstract
Jalan raya merupakan prasarana dalam pengembangan pariwisata dan perekonomian suatu wilayah,
disamping itu lancarnya akses suatu daerah lain akan mempermudah transportasi masyarakat sekitar
dan para wisatawan. Pada pembangunan jalan Nipah-Teluk Bayur untuk mendukung daerah
Gunung Padang menjadi kawasan Pariwisata dan sebagai pemecah kemacetan di kawasan Teluk
Bayur sebagai jalan alternatif menghubungkan kota Padang menuju ke Teluk Bayur. Pada daerah
tersebut telah dibentuk trace jalan namun belum dalam bentuk fisik, jadi penulis merencanakan
bentuk desain alinyemen horizontal, alinyemen vertikal dan serta perkerasan. Perencanaan desain
alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal menggunakan peraturan Tata Cara Perencanaan
Geomertik Jalan Antar Kota (TPGJAK) tahun 1997 dan Geometik Jalan Perkotaam RSNI T-12-
2004. Perencanaan perkerasan menggunakan Metode Bina Marga 2013. Dari hasil perhitungan
didapat 4 tikungan Full Circle, 2 tikungan Spiral Spiral (S-S), 1 tikunag Spiral Circle Spiral (S-CS),
4 lengkung verikal cembung, 6 lengkung vertikal cekung dan pada tebal perkerasan didapat
lapisan permukaan AC WC tebal 44 mm, AC BC tebal 135 mm, Lapisan pondasi atas atau base
course (CTB) tebal 150 m, Lapisan pondasi atas kelas A tebal 150 mm dan lapisan peningkat tanah
dasar 100 mm.
Kata kunci : alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, perkerasan
References
Direktorat Jenderal Bina Marga,1997,Tata
Cara Perencanaan Geometrik Jalan
Antar Kota, No.038/M/BM/1997. Bina
Marga
Direktorat Jenderal Bina Marga,2013, Manual
Desain Perkerasan jalan, No.
/M/BM/2013, Bina Marga
Badan Standar Nasional, 2004, Geometrik
Jalan Perkotaan, RSNI T-14-2004,
Badan Standar Nasional
Ir.Hartom,M.Sc, 2005, Perencanaan Teknik
Jalan 1 (Geometrik), Jakarta
Shirley L. Hendarsin, 2000, Penentuan Praktis
Perencanaan Teknik Jalan Raya,
Bandung: Politeknik Negeri Bandung
Jurusan Teknik Sipil
Sukirman, Silvia, 2015, Dasar-Dasar
Perencanaan Geometrik Jalan,
Bandung : Nova
AC BC (135 mm)
CTB (150 mm)
LPA Kelas A (150 mm)
Peningkatan Tanah Dasar (100 mm)
AC WC (40 mm)