KAJIAN EVALUASI PEMANFAATAN LAHAN DAN INTENSITAS PEMANFAATAN LAHAN DI KAWASAN PURUS KOTA PADANG

Authors

  • Vici Armi Marjohan
  • Tomi Eriawan
  • Haryani Haryani

Abstract

Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) merupakan salah satu program pembangunan dalam rangka perancangan suatu kawasan dan lingkungan. Guna mencegah terjadinya peralihan fungsi lahan secara tidak terkendali dan ketidakberaturan. Masa pelaksanaan program RTBL Kawasan Purus telah diberlakukan dari tahun 2011-2015. Namun sejauh ini masih terdapat pemanfaatan lahan di Kawasan Purus yang belum sesuai dengan rencana peruntukan lahannya. Atas dasar inilah perlu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian dan kondisi yang berbeda antara pemanfaatan lahan dan intensitas pemanfaatan lahan saat sekarang dengan rencana peruntukannya di dalam dokumen dan peta RTBL Kawasan Purus. Serta mencari faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian.

Metode penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Data primer dari pengamatan lapangan dan hasil wawancara, sedangkan data sekunder RTBL Kawasan Purus tahun 2010, serta foto citra Purus pada tahun 2016. Metode analisis yang digunakan menggunakan teknik overlay dan scoring

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian tinggi yang sesuai dengan arahan RTBL terdapat pada pemanfaatan lahan, Koefisien Lantai Bangunan, dan Ketinggian Lantai Maksimal. Faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian dapat disimpulkan: faktor kebijakan, pihak pemerintah, dan swasta/pemilik bangunan.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Kesesuaian, Pemanfaatan Lahan, Intensitas Pemanfaatan Lahan.

References

Anggara, Sahya dan Endang Soetari. 2014. Pengantar Kebijakan Publik. Pustaka Setia, Bandung.

Badjuri, Abdul Kahar dan Teguh Yuwono, 2002. Kebijakan Publik Konsep dan Strategi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang.

Bryan, Carolie dan Louis G. White., 1987. Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang. LP3ES. Jakarta.

Budiharjo, Eko. 1997. Lingkungan Binaan dan Tata Ruang Kota. Yogjakarta: Andi.

Dunn, William N., 1999. Analisis Kebijakan Publik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Dunn, William N., 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Firman dan Martin, 1989. Perencanaan dan Evaluasi Untuk Negara Berkembang, LP3ES, Jakarta.

Zahnd, Markus., 2006. Perancangan Kota Secara Terpadu : Teori Perancangan Kota dan Penerapannya Edisi Kedua. Kanisius, Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-07-13