PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PERBELANJAAN DI KAWASAN PASARAYA KOTA PADANG – SUMATERA BARAT

Authors

  • Reza Putra
  • Sudirman Is
  • Ida Wartina

Abstract

Kebutuhan dasar manusia semakin meningkat. Melihat gaya hidup masyarakat seperti saat sekarang ini, bahwa gaya hidup masyarakat justru lebih condong ke barat, yaitu terbiasa dengan gaya hidup berbelanja, nongkrong atau hanya sekedar melihat-lihat saja. Untuk mengakomodasi gaya hidup masyarakat kota Padang, kebutuhan suatu fungsi komersial menjadi sangat penting. Bangunan komersial seperti mall pada umumnya pun dibangun untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pasca gempa tahun 2009 yang memporak-porakan kota Padang, kegiatan perekonomian mengalami penurunan karena sebagian bangunan komersil hancur akibat gempa tersebut. Hal ini terlihat pada lokasi Pasar Raya Padang para pedagang kaki lima memenuhi hampir seluruh jalan raya, karena tidak memiliki tempat berdagang yang layak pasca gempa. Sehingga kondisi pasar sekarang menjadi semberaut dan tidak nyaman untuk berbelanja. Pasarnya Shopping Centre muncul sebagai jawaban atas semua permasalahan di kota Padang. Pasarnya Shopping Centre diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Padang akan gaya hidup berbelanja sambil berekreasi dan dapat memberikan dampak positif bagi kota Padang. Pasarnya Shopping Centre adalah pusat perbelanjaan modern yang mengakomodasi gaya hidup masyarakat kekinian, yaitu dengan adanya fungsi permainan, cafe, restoran, dan menjual berbagai macam barang seperti teknologi hingga produk kerajinan. Pasarnya Shopping Centre juga menyediakan area bagi para pedagang kecil guna menghargai lingkungan sekitar yang banyak terdapat para pedagang.
Kata kunci : perencanaan dan perancangan, pusat perbelanjaan, pasaraya, Padang, gaya hidup

Downloads

Published

2013-04-02