IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA DALAM MEMILIH LOKASI SMP YANG JANGKAUANNYA LEBIH JAUH DI LUAR RAYON (KASUS SISWA DI PERUMNAS BELIMBING MEMILIH SMPN 31 DAN SMPN 28 PADANG)

Authors

  • Annisa Aulia Trisna
  • Hamdi Nur
  • Haryani Haryani

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Padang menetapkan penerimaan peserta didik baru SMP, SMA dan SMK Negeri Kota Padang tahun ajaran 2016/2017 yang dilaksanakan melalui jalur online rayonisasi dalam Kota Padang. Perumnas Belimbing memiliki sarana pendidikan TK dan SD, tidak memiliki sarana pendidikan Sekolah Menengah Pertama, SMPN 28 Padang merupakan sekolah yang lokasinya dekat dari Perumnas Belimbing dan juga rayon dari sarana Pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang berada di Perumnas Belimbing. SMPN 31 Padang merupakan sekolah yang lokasinya jauh dari Perumnas Belimbing dan bukan rayon dari SD yang berada di Perumnas Belimbing. Akreditasi kedua sekolah ini memiliki akreditasi A, siswa di Perumnas Belimbing yang seharusnya bersekolah di SMPN 28 Padang tetapi masih banyak siswa yang memilih sekolah ke lokasi yang lebih jauh dari Perumnas Belimbing yaitu SMPN 31 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui faktor apa  yang mempengaruhi siswa yang tinggal di Perumnas Belimbing dalam memilih lokasi sekolah yang jangkauannya lebih jauh yaitu di luar rayon yaitu SMPN 31 Padang, dengan menggunakan metode penelitian statistik deskriptif dan setelah itu dibuktikan dengan kuesioner skala likert yang disebar kepada orang tua siswa yang sekolah ke SMPN 31 Padang. Hasil analisis dapat diketahui bahwa faktor yang lebih mempengaruhi siswa yang tinggal di Perumnas Belimbing yang memilih sekolah SMPN 31 adalah faktor moda transportasi, faktor keamanan yang dilihat dari jenis kelamin, faktor waktu tempuh.

Kata kunci : Lokasi Sekolah, Rayon, Akses, Moda Transportasi,  Faktor Mempengaruhi

References

Badan Standar Nasional (BSN) SNI 03-1733-2004 Tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan Diperkotaan.

Depdiknas, Pengembangan Sekolah Unggul, 1994

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik No. 24 tahun 2007 Tentang standar sarana dan prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA

Cipta Karya Departemen PU, Tata cara Perencanaan Lingkunan Perumahan Sederhana tidak bersusun di Daerah Perkotaan, 2003

Miro, Fidel. 2005. Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan praktisi. Jakarta : Erlangga

Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarigan, Robinson. 2015. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta : Bumi Aksara

Widianantari. 2008. Tentang “Kebutuhan dan Jangkauan Pelayanan Pendidikan Di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang”.

Yulianidar, Tika (2012) tentang “Jangkauan Pelayanan 7-ELEVEN Jakarta Selatan”.

Setiawan, Agus (2012) tentang “Pengaruh Pendapatan orang tua dan Prestasi belajar kompetensi keahlian administrasi perkantoran terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMK 7 Yogyakarta”

Tugas Akhir Hismur Salam, (2015) “kajian jangkauan pelayanan dan kebutuhan fasilitas pendidikan di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil”

http://blog-ekono.blogspot.co.id/2014/10/teori-lokasi.html

Downloads

Published

2018-02-14