ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) ANTARA BUS UMUM DENGAN ANGKUTAN TRAVEL DI KOTA SOLOK

Authors

  • Annisa Rahmi
  • Fidel Miro
  • Tomi Eriawan

Abstract

Di  Kota Solok Terdapat 10 (Sepuluh) trayek Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang masih beroperasi, dan 6 (enam) trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang di layani oleh angkutan travel. Di Kota Solok terdapat Terminal dengan Tipe A yaitu Terminal Bareh Solok namun saat ini terminal tersebut tidak digunakan oleh angkutan Bus (AKDP). Bus  (AKDP) menunggu dan menaikkan penumpang di terminal bayangan yang berada dekat dengan pangkalan-pangkalan angkutan travel.  Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbandingan  tingkat pelayanan angkutan Bus Umum dan Angkutan Travel dengan trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Penelitian ini dilakukan pada 6 (enam) trayek angkutan dengan kota asal (Kota Solok) dan kota tujuan yang sama. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan  tingkat kepuasan penumpang Angkutan Bus Umum dan Angkutan Travel terhadap pelayanan yang diberikan masing-masing angkutan dengan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index)  serta membandingkan atribut pelayanan yang mempengaruhi presepsi masyarakat dalam memilih  pelayanan Angkutan dan  mengetahui prioritas perbaikan pelayanan dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan angkutan bus umum trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang nantinya akan berdampak pada peningkatan pemanfataan Terminal Bareh Solok. Berdasarkan  analisis CSI (Customer Satisfaction Index)  Angkutan Travel 0,64 dan Bus Umum 0,63 keduanya berada pada katogori cukup puas. Berdasarkan Hasil analisis  IPA  Pelayanan angkutan travel lebih baik dibandingkan dengan angkutan  Bus Umum ini dapat dilihat dari perbandingan tingkat kesesuaian terhadap  5 variabel, angkutan travel memiliki nilai yang lebih tinggi pada 4 variabel. Atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki  untuk meningkatkan pelayanan pada Angkutan  Bus Umum yaitu waktu tunggu bus, ketepatan dan kepastian jadwal keberangkatan, sirkulasi udara didalam bus, kebersihan bus, kondisi tempat duduk bus dan perhatian petugas terhadap keluhan penumpang dan prioritas perbaikan pada angkutan  Travel  yaitu waktu tunggu angkutan, tata tertib pengemudi dalam  menaikkan dan menurunkan penumpang, keamanan barang-barang pada bagasi bus, jaminan keamanan dan keselamatan penumpang, informasi trayek dan identitas kendaraan , kapasitas angkut, dan perhatian petugas terhadap keluhan penumpang.

 

Kata Kunci :  Angkutan,  Kota Solok , Perbandingan, Pelayanan, CSI, IPA

References

Badan Pusat Statistik Solok. 2017. Kota Solok Dalam Angka Tahun 2015. Padang : Badan Pusat Statistik.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 2002 Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wialyah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 28 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Perhubungan Nomor Pm 29 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek

Kurniawan, Meinanda Bari. 2008. Upaya Peningkatan Pelayanan Pengguna Flexi Di Surakarta Dengan Menggunakan Metode Servqual GAP Pada PT. Telkom Surakarta. Skripsi. FakultasTeknikUniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Miro Fidel (2005) Perencanaan Transportasi, Jakarta;Penerbit Erlangga

Mulyono, S, (1996), Teori Pengambilan Keputusan, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit F)

Munawar, Ahmad (2004), Menajemen Lalu Lintas Perkotaan, Beta Ofset, Jogakarta

Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat KepuasanPelanggan. Jakarta: PT RinekaCipta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2011.Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Warpani, (2002), Pengelolaan Lalu Lintas Dan Angkutan jalan , Penerbit ITB

Bandung.

Wibowo Arie 2013 Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan KRL (Comuter Line Bogor Jakarta), Institut Petanian Bogor, Bogor

Downloads

Published

2018-02-15