EVALUASI KEBERADAAN PERMUKIMAN DI SEKITAR TPA AIR DINGIN

Authors

  • Eka Fitra
  • Harne Julianti Tou
  • Ezra Aditia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat suatu permasalahan yaitu dengan adanya arahan pengembangan pembangunan Kota Padang (RTRW Kota Padang) kearah timur, menyebabkan berkembangnya pembangunan permukiman disekitar TPA Air Dingin. Sehingga dengan arah perkembangan tersebut menyebabkan tidak sesuainya fungsi kawasan tersebut antara RTRW dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19 Tahun 2012 tentang Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir Sampah. Sementara itu sasaran yang ingin dicapai adalah mengidentifikasi kondisi eksisting kawasan sekitar TPA Air Dingin, mengidentifikasi dampak TPA Air Dingin terhadap kawasan sekitar, dan mengevaluasi keberadaan permukiman sekitar TPA Air Dingin berdasarkan Permen PU No. 19 Tahun 2012. Pada tahapan pengumpulan data metode yang digunakan adalah survey sekunder berupa pengumpulan data instansi pemerintah dan survey primer berupa pengambilan data  dilapangan/kawasan studi. Data-data yang dibutuhkan adalah data luas TPA Air DIngin, tipe TPA Air Dingin, data sarana dan prasarana yang ada di TPA Air Dingin dan data statistic Kelurahan Balai Gadang. Analisis yang digunakan yaitu analisis karakteristik responden untuk mengetahui respon masyarakat atas keberadaan TPA Air Dingin, analisis pembagian zona yaitu untuk mengetahui pembagian zona permukiman warga yang sesuai di sekitar TPA Air Dingin, analisis fungsi guna lahan kawasan sekitar TPA Air Dingin berdasarkan Permen PU No.19 Tahun 2012 yaitu untuk mengetahui kesesuaian guna lahan pada masing-masing zona, analisis rencana pola ruang RTRW Kota Padang berdasarkan Permen PU No.19 Tahun 2012 yaitu untuk mengetahui kesesuaian arahan perkembangan pembangunan yang sesuai berdasarkan Permen PU No.19 Tahun 2012. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah evaluasi terhadap keberadaan permukiman di kawasan sekitar TPA Air Dingin agar sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19 Tahun 2012 tentang Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir Sampah yang nantinya dapat menjadi rekomendasi oleh Dinas TRTB Kota Padang dalam arahan penataan permukiman  di sekitar TPA Air Dingin Kota Padang.

Kata kunci : TPA Air Dingin, Permen PU No.19 Tahun 2012

References

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang UMKM

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian

Peraturan Menteri Perindustrian No 11 Tahun 2014 tentang Program Rektukturisasi Mesin atau Peralatan Industri Kecil dan Menengah.

Peraturan Menteri Perindustrian No.64 Tahun 2016 tentang Jumlah Tenaga Kerja dan Nilai Investasi

Latumerissa, Julius R.2015. Perekonomian Indonesia dan Dinamika Ekonomi Global “Pembangunan Industri”. Surabaya: Unit Penerbit Mitra Wacana Media.

Suharjono.1997. Manjemen Perkreditan Usaha Kecil Menengah”Potensi Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia”.Yogyakarta: Unit Penerbit UPP-AMP YPKN Yogyakarta.

Siahan, Bisuk.2000.Industrialisasi Di Indonesia “Sejak Hutang Kehormatan Sampai Banting Stir. Bandung ITB.

Kuncoro, Mudrajad.1997. Ekonomi Pembangunan” Teori, Masalah dan Kebijakan”. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Irawan dan Suparmoko, M.2002. Ekonomi Pembangunan.Yogyakarta.BPFE-Yogyakarta.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Mikroekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Swastaha, Basu.2000. Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern). Yogyakarta:Libert

Riyanto, Bambang, 2001, Perbelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Sriyadi.1991.Bisnis Pengantar Ilmu Ekonomi Perusahaan Modern. Semarang:IKIP

Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002.Koperasi, Kewirausahaan, dam Usaha Kecil. Jakarta, P.T. Rinika Cipta

Philip, Kottler, 2003, Manajemen Pemasaran. Klaten:PT. Indeks Gramedia

Porter, Michael.E dan Maulana, Agus. 2008. Strategi Bersaing (Teknik Mneganalisa Industri dan pesaing. Jakarta, Erlangga.

Halim, Abdul, 2001, Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.

Budharsono, Sugeng 2001, Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan.Jakarta, PT.Paradya Paramita.

Linawati, Lisa,1999, Konsep Economic Value Added. Jakart,P.T. Rinika Cipta

Munir, Risfan, 2007, Pengembangan Ekonomi Lokal Partisipatif. Jakarta, Local Governance Support Program.

II. Terbitan Terbatas

Julianti, Harne Tou. 2008. Modul Perkuliahan Perencanaan Wilayah. Padang : Universitas Bung Hatta.

Wijaya, Septriana Dina.2011. Skripsi “Strategi Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Bordir Di Kecamatan Kaliwungu Kabupaen Kendal”. Ekonomi pembangunan, Univerisitas Negeri Semarang.

Yuni, Debi Afrita.2008. Skripsi”Faktor Pendukung Perkembangan Industri Kecil dan Rumah Tangga Unggulan di Kabupaten Tanah Datar. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Bung Hatta Padang.

Suryawan, Azra. 2003. Skripsi “Peran Kerajina Sulaman Terhadap Pemabanguna Ekonomi Pedesaaan”. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitad Bung Hatta Padang.

Supriadi, Edi, 2007, Telaah Kendala Penerapan Pengembangan Ekonomi Lokal. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pariaman, 2017. Data UMKM Kota Pariaman. Kota Pariaman.

Dinas Penanaman Modal PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Dan Tenaga Kerja Kota Pariaman .2017 “ Upah Minimum Kota Pariaman. Kotab Pariaman.

BPS.2017. Kota Pariaman Dalam Angka”.Padang

Downloads

Published

2018-02-15