ANALISIS KETERSEDIAAN DAN EFEKTIFITAS RUANG DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PROGRAM FULL DAY SCHOOL PADA SEKOLAH YAYASAN TERPADU PT. IGASAR SEMEN PADANG

Authors

  • Haris Budiman Mabrur
  • Albusyra Fuadi
  • Ika Mutia

Abstract

Full day school merupakan salah satu program pemerintah dalam bidang pendidikan yang diatur pada
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2017 Pasal 2 Ayat 1. Peraturan ini
mengakibatkan perpanjangan waktu dalam sistem belajar mengajar dari 6 jam menjadi 8 jam dalam 1
hari atau 40 jam dalam 5 hari. Berdasarkan hal ini, kegiatan siswa di sekolah akan menjadi sangat
diperhatikan terutama dalam aspek pembentukan karakter melalui kurikulum yang dibentuk pada
sebuah sekolah. Faktor lain yang menjadi perhatian dalam sistem ini adalah faktor afektif, kognitif dan
psikomotorik siswa. Sehingga sekolah dituntut untuk menyediakan ruang yang dapat menjadi
prasarana dalam melaksanakan setiap kegiatan menyangkut dengan pengembangan ketiga aspek
tersebut. Selain itu, efektifitas ruang yang disediakan juga akan mempengaruhi kesiapan mental siswa
dalam menghadapi panjangnya waktu belajar di sekolah terhadap kebutuhan perkembangan
psikologinya. Maka dari itu, perencanaan sekolah yang sesuai dengan kriteria full day school ini
dikembangkan dengan mengacu kepada kurikulum, psikologi serta kenyamanan, kesehatan dan
keamanan. Tujuan dari hal ini adalah agar para siswa dapat merasakan sekolah sebagai tempat ketiga
setelah rumah dan tempat bermainnya.
Kata kunci: full day school, kurikulum, psikologi, third space.

Downloads

Published

2018-08-23