Kajian Tingkat Pelayanan Objek Wisata Pantai Air Manis Berdasarkan Persepsi Pengunjung dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index

Authors

  • Andika Pramana Putra
  • Ezra Aditia
  • Lasti Yossi

Abstract

Abstrak

Objek Wisata Pantai Air Manis merupakan salah satu objek wsiata unggulan di Kota Padang, objek wisata pantai ini menjadi objek wisata dengan jumlah kunjungan yang terus meningkat. Tujuan  penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan berdasarkan kepentingan setiap atribut dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengetahui tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI) guna mengetahui arahan  atribut wisata yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Penelitian ini menggunakan komponen 4A sediaan  dalam pariwisata yaitu Daya Tarik Attraction, Fasilitas Amenity, Aksesibilitas Accessibility, Kelembagaan Ancilliary. Adapun Analisis yang digunakan adalah analisis  diagram kartesius, dimana atribut yang masuk pada kuadran A adalah atribut yang kinerjanya perlu ditingkatkan  perbaikan prioritas. Atribut yang masuk dalam kuadran II adalah atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya dan sudah memuaskan pengunjung. Atribut yang masuk dalam kuadran C adalah atribut yang memiliki prioritas rendah dan kuadran D adalah atribut yang dianggap kurang penting oleh pengunjung. Berdasarkan tingkat kesesuaiaan dan diagram kartesius terdapat tersebut  6 atribut perbaikan prioritas utama dan 1 atribut prioritas rendah. secara menyeluruh (berdasarkan nilai CSI) sebesar 0,65 atau 65% dan terletak di rentang nilai 0,51-0,65 yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan pengunjung adalah kriteria “ Cukup Puas”. Dalam  memperbaiki tingkat pelayanan maka diperlukan arahan perbaikan berdasarkan aturan standar pelayanan minimal dan standar terkait.    Kata Kunci : Pariwisata, Pelayanan Objek Wisata, Kepuasan Pengunjung,

 

STUDY OF THE PANTAI AIR MANIS BEACH TOURISM SERVICE LEVEL BASED ON VISITOR PERCEPTION WITH IPA AND CSI METHODS

 

Air Manis Beach Tourism Object is one of the superior heritage objects in the city of Padang, this beach tourism object is a tourist attraction with a number of visits that continue to increase. The purpose of this study is to determine the level of service based on the importance of each attribute with the Importance Performance Analysis method and determine the level of visitor satisfaction based on the Customer Satisfaction Index method to determine the direction of tourist attributes that are prioritized for improvement. This study uses 4A components in tourism, namely Attraction Attraction, Facility Facility, Accessibility Accessibility, Ancilliary Institution. The analysis used is Cartesian diagram analysis, where the attributes entered in quadrant A are attributes whose performance needs to be improved priority improvement. Attributes that enter quadrant II are attributes that need to be maintained and have satisfied visitors. Attributes that enter in quadrant C are attributes that have low priority and quadrant D is an attribute that is considered less important by visitors. Based on the level of compatibility and the Cartesian diagram there are 6 main priority repair attributes and 1 low priority attribute. as a whole based on CSI value of 0.65 and is located in the range of 0.51-0.65 which indicates that the visitor satisfaction index is a "Satisfied" criterion. In improving the level of service, a directive for improvement is based on the minimum service standards and related standards.

Keywords: Tourism, Tourism Object Services, Visitor Satisfaction,


References

Algifari, 2008. Mengukur Kualiatas Layanan Metode IPA, STIE YKPN Yogyakarta, 2016.

Bakaruddin, Pengembangan dan Permasalah Kepariwisataan. UNP Press.

Bagus, Gusti I. 2017. Pemasaran Pariwisata, Andi Ofset Yogyakarta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Alfabeta.

World Tourism Organizatio (WTO), Pengertian Kategor Pengunjungn https://annisamuawanah.wordpress.com/2013/01/31/definisi-komponen-dan-sistem-pariwisata/ diakses pada Januari 2018

Yoeti, Oka A. Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa Bandung, 1996.

Yoeti, Oka A, 2016. Perencanaan dan Pengambangan Pariwisata. Balai Pustaka.

Yoeti, Oka A. 1996. Pemasaran Pariwisata Edisi Revisi, Angkasa Bandung,

Yossi, Last 2014. Materi V Kuliah Perencanaan Pariwisata Kota Universitas Bung Hatta, Padang.

Wildan, Deden. 2005. Analisis Kepuasan Konsumen Wisata Cangkuang Garut, Tugas Akhir Manajemen Institut Pertanian Bogor

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI no 17 tahun 2014

Permen PU No. 14/PRT/M/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal. Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Operasional Pengelolaan

Peraturan menteri pariwisata republik indonesia nomor 3 tahun 2018 tentang petunjuk operasional pengelolaan dana alokasi khusus fisik bidang pariwisata

Peraturan menteri Pekerjaan Umum no 03/PRT/M/2013 Penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan

Direktorat Jendral Pariwisata Republik Indonesia, Komponen Sediaan Wisata.

Peraturan Daerah Kota Padang Nomor I Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Umum kebijakan tarif tarif parkir

Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Padang Retribusi Tempat Rekreasi Dan Olahraga

Rekap Data Kunjungan Wisatawan, Dinas Pariwisata Kota Padang 2017

Profil Kepariwisataan, Dinas Pariwisata Kota Padang 2016

RIPPDA Kota Padang Tahun 2017-2032

Downloads

Published

2018-08-23