PENILAIAN TINGKAT KESESUAIAN DAN POTENSI LOKASI MEDIA LUAR RUANG DI KOTA PADANG (STUDI KASUS JALAN KHATIB SULAIMAN)
Abstract
Abstrak
Perkembangan suatu kota sangat berkaitan dengan pertumbuhan industri periklanan atau Media Luar Ruang, dimana Media Luar Ruang ini menjadi salah satu elemen Perancang Kota Sign atau symbol. mengingat koridor Jalan Khatib Sulaiman adalah kawasan Strategis dan koridor yang di jaga sangat ketat, hal ni sangat mempengaruhi pertumbuhan Media Luar Ruang terhadap Visual suatu Kota. maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menilai tingkat kesesuaian Media Luar Ruang di koridor Jalan Khatib Sulaiman dari variabel Ukuran, Penempatan, Jarak, Pencahayaan Serta Menurut Jenis Informasinya. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data sekunder dan primer sedangkan untuk analisis yang di gunakan yaitu metode analisis deskriptif dengan teknik analisis menggunakan metode Skoring dengan cara menilai kondisi eksisting media luar ruang yang ada pada koridor Jalan Khatib Sulaiman dengan peraturan lalu diberi Skor penilaian sehingga di peroleh hasil tingkat kesesuaian dan potensi lokasi media luar ruang. Dari analisis yang dilakukan, sehingga diketahui tingkat kesesuaian dan potensi Media Luar Ruang yang terdapat pada koridor Jalan Khatib Sulaiman, Setelah mengetahui tingkat kesesuaian untuk masing-masing Media Luar Ruang. maka dilakukan penataan untuk kategori yang sesuai, kurang sesuai dan tidak sesuai yang bertujuan untuk mengikuti peraturan dan teori. dilanjutkan menentukan potensi lokasi Media Luar Ruang untuk setiap Segmen pada koridor jalan khatib sulaiman dari hasil analisis yang telah didapatkan.
Kata Kunci : Media Luar Ruang, Jarak, Penempatan, Jarak, Pencahayaan, Penataan, Potensi
Abstract The development of a city is closely related to the growth of the advertising industry or Outdoor Media, where the Outdoor Media is one of the elements of the City Designer Sign or symbol. considering the Jalan Khatib Sulaiman corridor is a Strategic area and the corridor that is maintained is very tight, this greatly influences the growth of Outdoor Media towards a City's Visual. then a research was conducted which aims to assess the suitability of Outdoor Media in the Jalan Khatib Sulaiman corridor from the variable Size, Placement, Distance, Lighting and According to the Type of Information. This study uses secondary and primary data collection methods while for the analysis used is descriptive analysis method with analytical techniques using Scoring method by assessing the existing conditions of outdoor media in the Jalan Khatib Sulaiman corridor with the regulations then given a rating score so that the results are obtained level of suitability and potential location of outdoor media. From the analysis carried out, so that it is known the level of suitability and potential of Outdoor Media contained in the corridor of Jalan Khatib Sulaiman, After knowing the level of suitability for each Outdoor Media. then the arrangement is carried out for the appropriate category, not appropriate and not appropriate which aims to follow the rules and theories. continued to determine the potential of Outdoor Media locations for each segment on the corridor of the preacher road from the results of the analysis that has been obtained.Keywords: Outdoor, Distance, Medium, Placement, Distance, Lighting, Setup, The Potential
References
Referensi Buku
Hartoyo, G.Majela Eko, Dkk. 2010. “Modul Pelatihan Sistem Informasi Tingkat Dasar” Penerbit Tropenbos International Indonesia Programme: Bogor
Jefkins, frank 1996. Periklanan edisi ketiga”terjemahan haris munandar, erlangga. Jakarta
Shirvani, hamid “the urban design process, van nostrand reinhold, New york 1985
Lynch, kevin, 1987. “good city form” the Massachusetts institute of technology, Cambridge.
Penelitian
Lea Kristi Agustina “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Identifikasi Potensi Lokasi Papan Iklan Di Wilayah Kota Semarang” Universitas Diponegoro
Pengaturan teknis jarak antara papan reklame menurut ogden dan barnet, 1984 dalam (robby skripsi 2007)
Al Hayat Ibrahami “Kajian Penataan Media Luar Ruang Pada Koridor Jalan Samudera Kota Padang” Skripsi Universitas Bung Hatta
Febe Niken Damayanti, I Nyoman Piarsa, I Made Sukarsa “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran Kriminalisasi Di Kota Daan Pasar” Universitas Udayana
Pritta Aprillia Hapari, Bulan Prabawani, Sri Listyorini ”Analisis Pemilihan Lokasi Reklame Di Wilayah Dki Jakarta” Universitas
Murtomo, M Adji “ Penataan Papan Reklame Pada Penggal Jalan Hayam Wuruk Semarang “ Universitas Diponegoro
Elvandri Kurniasih “Sistem Informasi Geografis Reklame Papan Atau Billboard Di Kota Yogyakarta Berbasis Web “ Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Kurnia Ramadhan “Studi Lokasi Potensial Reklame Luar Ruangan Di Koridor Strategis Kota Sumedang“ Universitas Pasundan
Mandelker dan enwald 1987 dalam jurnal “ruang” volume 1 nomor 1 september 2009
Terbitan Terbatas
Kota Padang Dalam Angka, Tahun 2018
Kecamatan Padang Utara Dalam Angka Tahun 2018
Peraturan Wali Kota No 10 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame
Peraturan Wali Kota No 46 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Reklame
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Pemanfaatan Dan Penggunaan Bagian Jalan
Website
http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-reklame-definisi-jenis-macam.html (pengertian dan jenis reklame)
https://www.facebook.com/Humassatpolpppadang/posts/1553033058259850 (peraturan daerah kota padang)
http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt557b98fceb4fa/hal-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dalam-pemasangan-reklame-billboard (hal yang boleh dan tidak dalam pemasangan reklame)
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_luar_ruang_digital (pengertian umum Media Luar Ruang)