PERILAKU BELANJA PENDUDUK BELIMBING DALAM BERBELANJA DI KAWASAN BELIMBING KELURAHAN KURANJI KECAMATAN KURANJI PADANG

Authors

  • Fitria Rahmadani
  • Hamdi Nur
  • Fidel Miro

Abstract

Abstrak

Dalam memenuhui kebutuhan hidup sehari-hari, penduduk kota tidak akan terlepas dari kegiatan jual beli. Jual beli secara luas diartikan sebagai kegiatan perdagangan/perniagaan yang merupakan salah satu aspek dalam bidang perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku penduduk belimbing dalam berbelanja di kawasan Belimbing kelurahan kuranji serta hal yang mempengaruhi, Adapun sasaran dalam penelitin ini yaitu mengidentifikasi lokasi tempat berbelanja penduduk dan mengidentifikasi perilaku belanja penduduk dalam pemilihan lokasi belanja terhadap jenis barang. Dalam memilih lokasi tujuan belanjanya, penduduk memiliki pilihan tersendiri khusunya dilihat pada jarak terhadap lokasi belanja. Penelitian ini menggunakan jenis kebutuhan pokok, dengan enam jenis komuditi dan kebutuhan non pokok. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pada tahapan pengumpulan data dan metode yang digunakan adalah survey primer dan sekunder. Adapun variabel yang digunakan dalm penelitian ini adalah melihat jarak, frekuensi belanja, moda, harga, kualitas dan kelengkapan barang. Dari hasil analisis yang telah di dapatkan bahwa penduduk perumahan belimbing dalam memenuhui kebutuhan pokok ,kebutuhan harian dan non makannan lebih cendrung berbelanja dikawasan Pasar Belimbing, sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari penduduk lebih memilih berbelanja di supermaket dengan alasan kelengkapan barang. Berdasarkan hasil dari perilaku berbelanja penduduk ke lokasi berbeda-beda untuk kebutuhan non makanan penduduk lebih banyak belanja dengan tidak menentu. Jika dilihat berdasarkan fungsi perbelanjaan dikawasan untuk jenis barang kebutuhan pokok sehari hari penduduk memilih berbelanja di kawasan sendiri, sedangkan untuk kebutuhan non makanan seperi pakaian penduduk lebih cendrung berbelanja di luar kawasan

 

Kata kunci : Pemilihan lokasi belanja, perilaku konsumen, Jarak, Hal yang mempengaruhi

 

Abstract

                   
in fulfilling the needs of everyday life, city residents will not be separated from the activities of buying and selling. Buying and selling is widely defined as trading / commercial activities which is one aspect of the economy. This study aims to determine how the behavior of the starfruit population in shopping in Belimbing Kuranji village area as well as the things that affect, the target in this research is to identify the location of shopping for residents and identify the behavior of shopping people in the selection of shopping locations for the type of goods. In choosing the location of the shopping destination, the population has its own choices especially seen in the distance to the shopping location. This research uses basic needs, with six types of commodities and non-basic needs. This research is qualitative descriptive with descriptive analysis techniques. At the data collection stage and the method used is primary and secondary surveys. The variables used in this study are looking at distance, frequency of shopping, mode, price, quality and completeness of the goods. From the results of the analysis that has been found that the leatherback housing population in fulfilling basic needs, daily and non-food needs are more likely to shop in the Belimbing Market area, while for the daily needs of the population prefer to shop at supermarkets for reasons of completeness. Based on the results of the shopping behavior of residents to different locations for non-food needs, the population is spending more erratically. When viewed based on the shopping function in the region for the type of daily staple goods, the population chooses to shop in their own area, while for non-food needs such as clothing, the population tends to shop outside the area. 

Keywords: shopping location selection, consumer behavior, influencing things

References

Engel, J.F., B. Roger., dan P. Miniard. 2010. Perilaku Konsumen. Alih bahasa Budiyanto. Binarupa Aksara. Jakarta

Engel, James F, et al. (1990) Perilaku Konsumen (Penerjemah : Budiyanto). Jakarta: Binarupa Aksara

Kotler, Philip and Keller, Lane Kevin (2012 ). Manajeman Pemasaran (Penerjemah : Benyamin). Edisi 14. Jakarta: Indeks

Lovelock, Wirtz. (2012). Services Marketing (People, Technology, Strategy). Pearson Education Limited. England

Materi Kuliah Teori Lokasi dan Keruangan, Jurusan Planologi, Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan. Universitas Bung Hatta, Padang.

Sangadji, Etta M., dan Sopiah. 2014. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1987. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarigan, Robinson. 2015. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta : Bumi Aksara

Terbitan Terbatas :

Badan Pusat Statistik dan Pemerintah Daerah Kuranji Dalam Angka 2016

Data Surat Serah Terima Tanah Perum Perumnas Belimbing

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007. Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

SNI 03-1733-2004.2004. Tentang Tata Cara Perencanaan Kawasan Perumahan Kota

Jurnal dan Skripsi

Asih, Sari. 2000. Pola Perjalanan Penduduk Kawasan Permukiman Baru di Kecamatan Kasihan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM.

Asmar, Ridwar Muhammad, 2008. Karakteristik pergerakan penduduk kota bekasi yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta terhadap Pemenuhan kebutuhan Pangan da Sandang.Tugas Akhir, Teknik Planologi, UNIKOM, Bandung.

Medina, Adistya Ajeng RD, 2017. Pola spasial Pemilihan Lokasi Belanja Kebutuhan Primer penduduk Kecamatan Bogor Tengah. Jurnal Geografi, UI.

Muta'ali, L. 2001. Peranan Wanita dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Pola Ruang Belanja WAnita di Kompleks Perumahan Daerah Pinggiran Kota). Majalah Geografi Indonesia.

Tholib, Aulia.Muhammad (2006), Kecendrungan Pemilihan Lokasi Belanja ke pusat Perbelanjaan Modern Oleh Masyarakat Perumnas Pengambiran Kota Padang, Skripsi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UBH.

Yulianidar, Tika (2012) tentang “Jangkauan Pelayanan 7-ELEVEN Jakarta Selatan”.

Website / Internet

(http://www.harianhaluan.com/news/detail/66160/kelurahan-kuranji-memiliki-penduduk-terbanyak-di-sumbar)

https://www.scribd.com/doc/100407646/BAB-6-Kategorisasi-Berdasarkan-Interval-Nilai (30-Juli-2018)

http://www.academia.edu/9000156/Metode_Analisis_Perencanaan1Metode_Penelitian(30-Juli-2018)

Downloads

Published

2018-08-24