ANALISA TUNDAAN PADA LALULINTAS AKIBAT PENUTUPAN PALANG PINTU KERETA API (STUDI KASUS : JALAN KYAI HAJI AHMAD DAHLAN – JALAN ALIA. PADANG)

Authors

  • Pandu Asyura Amri
  • Indra Farni
  • Rahmat Rahmat

Abstract

Perlintasan yang terbentuk dari pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi yaitu jalan raya dengan jalan rel merupakan bentuk pertemuan yang sering menimbulkan tundaan, seperti pada perlintasan di jalan Ahmad Dahlan dan jalan Alai ini merupakan jalan dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah dengan panjang jalan kurang lebih 370 meter dimana sering terjadi kemacetan akibat penutupan palang pintu kereta api, dengan analisis di maksudkan untuk memberi masukan semua pihak yang terkait, sehingga jalan tersebut tidak terjadi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tundaan dan panjang antrian kendaraan pada masing-masing lajur yang terjadi akibat penutupan pintu perlintasan kereta api. Metode yang digunakan adalah metode survey untuk mendapatkan data dan mengumpulkan liktatur sebagai acuan dalam pengolahan data. Hasil analisis menunjukan akibat penutupan palang pintu kereta api di jalan Ahmad Dahlan dan jalan Alai maka akan menimbulkan tundaan dan panjang antrian yang besar, dimana hal ini mengakibatkan penurunan tingkat pelayanan jalan. Sehingga diperlukan adanya rekayasa lalulintas untuk meminimalisir masalah pada perlintasan sebidang tersebut.                            
Kata kunci : Tundaan, Panjang Antrian, Penutupan palang pintu kereta api, Rekayasa lalulintas.wefefefwefwfwefwefwfwefwfwefwfwefwefwefwefwefwfefwfefwe

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, ManualhKapasitashJalanhInonesia,jJakarta,nuDepartemen Pekerjaan Umum.

Directorat Jenderal Bina Marg, 1992 persimpanganhpadajjalangperkotaan.gJakarta, Depatemen Pekerjaan Umum.

Hamirhan Saodang, 2010, Kontruksi jalan raya : geometric jalan, Bandung, Edisi 1 Nova.

I Made Tapa Yasa, , 2011, Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan, Bali, I Ketut Sutapa.

I Pratomo Yoga B, 2010, Manajemen Lalulintas Untuk Mengatasi Tundaan Pada Ruas Jl. Ranugrati. Malang, Achmad Wicaksono.

Mukthy Yusyadiputra 2014, Pengaruh Penutupan Palang Pintu Perlintasan Jalan Rel Terhadap Kinerja Lalulintas Jalan Raya Diperlintasan Kaligawe. Semarang.

Nursyamsu Hidayat, S.T., M.T., Ph.D. RKPM Perencanaan Survey, Yogyakarta,Universitas Gajah Mada.

Oglesby 1995 defenisi dan pembagian persimpangan pada jalan, Jakarta, Edisi 4. Erlangga

Reni Puspita Sari, 2016, Analisa Tundaan Akibat Penutupan Palang Pintu Kereta Api Ruas Jalan Urip Suharjo, Bandar Lampung, Universitas Lampung.

Silvia, 1994, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung, Sukirman Nova.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 38, 2004, Undangundang tentang jalan perkotaan, Jakarta

Undang-undang Republik Indonesia

Downloads

Published

2018-08-25