ANALISA DAERAH ALIRAN SUNGAI BATANG ARAU TERHADAP BANJIR DAN KAPASITAS SUNGAI DIKOTA PADANG (STUDI KASUS PERUBAHAAN LAHAN)

Authors

  • Yoko Miming Pratama
  • Mawardi Samah
  • Lusi Utama

Abstract

Dalam kurun 10 tahun terakhir terjadi perubahaan tata guna lahan di DAS Batang Arau, sehingga perubahaan ini mengalami perbesaran aliran permukaan dan debit sungai Batang Arau. Sehingga debit air yang mengalir di Sungai Batang Arau akan meningkat dan daya tampung sungai akan meningkat , hal ini perlu di analisa akibat dari perubahaan tata guna lahan tersebut. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas tampung dimensi sungai selama 10 terakhir antara tahun 2006 sampai degan tahun 2015 dengan menggunakan metode Melchior dan Rasional. Hasil yang didapat dari peniltian ini adalah terjadi perubahan debit banjir pada tahun 2006 sebesar 225.845 m3/detik sedangkan pada tahun 2015 menjadi 245.920 m3/detik. Namun dari perbandingan dimensi existing sungai yang ada dan hasil analisa kapasitas Sungai Batang Arau dan Saluran Banjir Kanal masih tergolong aman terhadap banjir di Kota Padang, karena kapasitas dimensi sungai yang ada masih layak hal ini dibuktikan dari perbandingan dimensi sungai yang cukup besar.  
 
Kata Kunci : DAS, Tata Guna Lahan, Debit Banjir, Dimensi, Kapasitas Sungai 

References

Asdak, Chay. 1995. Hidrologi dan Pengelolaan DAS. Penerbit Gajah Mada University Press, Yogyakarta. Balai WS Sumatera V, 2014. Studi Komprehensif Aliran Sungai Batang Arau di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Laporan Akhir. BPS, Padang. 2015. Tentang Geografi dan Iklim. Padang Dalam Angka. Craig, R.F.,1994. Mekanika Tanah Edisi Keempat. Penerbit Erlangga, Jakarta Gustiadi, Ebi. 2010. Tinjauan Ulang Perencanaan Normalisasi Sungai dan Perkuatan Tebing Sungai Batang Painan di Kab. Pesisir Selatan. Tugas Akhir S1 pada Program Srajana Jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta. Paulus Joseph, L.H. 1996. Hidrologi untuk Insinyur Edisi ke 3. Penerbit Erlangga, Jakarta. Robert J Koadie, 2013. Rekayasa dan Manajemen Banjir Kota. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Soemarto. C.D. 1999. Hidrologi Teknik Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta. Subramanya, K. Flow Open in Channel Valume 1. New Delhi. Sudarsono, S & Takeda K., 1993. Hidrologi untuk Pengairan. PT. Pradyna Paramita, Jakarta. Suripin, 2004. Sistem Drainase Perkotaan Berkelanjutan. Penerbit Andi, Yogyakarta. Triadmodjo, B. 2008. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Penerbit Beta Offset Yogyakarta. Utama, Lusi,, 2013. Hidrologi Teknik. Penerbit Bung Hatta University Press, Padang.

Downloads

Published

2018-08-25