PERBANDINGAN PERAWATAN BETON MENGGUNAKAN AIR LAUT DAN AIR TAWAR TERHADAP NILAI KUAT TEKAN BETON

Authors

  • Dhafin Fadhlur Rahman
  • Eva Rita
  • Khadavi Khadavi

Abstract

Perawatan beton tidak hanya dimaksudkan untuk mendapatkan kekuatan tekan beton yang tinggi tapi juga dimaksudkan untuk memperbaiki mutu dari keawetan beton, kedap terhadap air, ketahanan terhadap aus, serta stabilitas dari dimensi struktur.Air laut mengandung 3,5% garam-garaman yang dapat menggerogoti kekuatan dan keawetan beton. Kandungan klorida (Cl) yang yang begitu tinggi pada air laut merupakan garam yang bersifat agresif terhadap bahan lain, termasuk beton. Beton banyak digunakan sebagai bahan bangunan didaerah sekitaran laut seperti jembatan, dermaga, pemecah gelombang dan sebagainya.Untuk mengetahui kuat tekan beton terhadap air laut, maka dilakukan penelitian untuk meninjau perbandingan kuat tekan beton dengan menggunakan proses perawatan air tawar dan air laut. Penelitian ini menggunakan benda uji dengan mutu beton 20 MPa, 25 MPa dan 30 MPa dengan durasi perawatan 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Perbandingan nilai kuat tekan beton dengan perawatan air tawar dan air laut pada umur 28 hari dengan mutu beton 20 MPa terjadi penurunan 9.5%, pada mutu beton 25 MPa terjadi penurunan sebesar 21.7%, sementara pada mutu beton 30 MPa terjadi penurunan sebesar 26,9%.
 
Kata kunci : Perawatan, Air Tawar, Air Laut, Kuat Tekan Beton

References

Badan Standarisasi Nasional.2008.SNI 1969:2008, “Cara Uji Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Kasar.”Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 2008. SNI 1970:2008, “Cara Uji Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Halus.”Departemen Pekerjaan Umum,

Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 2008. SNI 1972:2008, “Cara Uji Slump Beton.”Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 2000. SNI 03-2834-2000, “Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal.” Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 2011.SNI 1974:2011,“Cara Uji Kuat Tekan Beton Dengan Benda Uji Silinder.” Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 2011.SNI 2493:2011,“Tata Cara Pembuatan dan Perawatan Benda Uji Beton di Laboratorium.”Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 1990. SNI 03-1968-1990,“Metode Pengujian Tentang Analisis Saringan Agregat Halus dan Kasar”Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. Dipohusodo, Istimawan. 1993. Struktur Beton Bertulang. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum. Emmanuel, A.O; Oladipor, F.A; dan Olabode, O. (2012). Investigation of Salinity Effect on Compressive Strength of Reinforced Concrete. Journal of Sustainable Development; Vol. 5, No. 6; 2012. ISSN 1913-9063 E-ISSN 1913-9071 pp: 74-82. Published by Canadian Center of Science and Education. Islam Moinul, Md dkk. 2010. Strength Behavior of Concrete Using Slag with Cement in Sea Water Environment. Journal of Civil Engineering (IEB), 38 (2) (2010)pp: 129-140. Department of Civil Engineering, Chittagong University of Engineering and Technology, Chittagong-4349, Bangladesh. Mohammed. T.U dkk. (2004). Performance of Seawater-Mixed Concrete in The Tidal Environment. Cement and Concrete Research 34 (2004 )h: 593–601. Mulyono, T., 2003, “Teknologi Beton”, Andi, Yogyakarta. Nawy, G. Edward. 1998. Beton Bertulang: suatu pendekatan dasar. Diterjemahkan oleh : Suryoatmono, Bambang. Bandung : Refika Aditama. Neville, A.M dan Brooks, J.J. 1987. Concrete Technology. Longman Scien

tific & Technical. Longman Group UK Limited. Notarica, grace simamora. 2014. Pengaruh Penambahan Lateks Emulsi Terhadap Durabilitas Beton Yang Dirawat (curing) Dengan Air Laut. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, Medan. Nugraha, Paul & Antoni. “Teknologi Beton”. Yogyakarta: Penerbit ANDI. 2007. Standar Industri Indonesia (SII) 001381, “Mutu dan Cara Uji Baja Beton Pejal”, Departemen Perindustrian Indonesia, 1981.

Wedhanto, Sonny. 2017. Pengaruh Air Laut Terhadap Kekuatan Tekan Beton Terbuat dari Berbagai Tipe Semen yang Dijual di Toko Bangunan di Kot Malang. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Malang.

Downloads

Published

2019-02-20