ANALISA TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS : RUAS JALAN PADANG – SOLOK STA 25+4

Authors

  • Adek Kurnia Putra
  • Eva Rita
  • Robby Permata

Abstract

Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan jenis program penanganan yang perlu dilakukan. Dua metode yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian kondisi jalan adalah metode PCI (Pavement Condition Index) dan metode Bina Marga. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survey kerusakan jalan dan data sekunder berupa LHR. Urutan prioritas penanganan jalan dengan metode Bina Marga didasarkan pada rentang nilai 0 sampai lebih dari 7, sedangkan metode PCI dari nilai 0 sampai 100. Jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada ruas Jalan Padang – Solok STA 25+400 sampai dengan STA 35+000 antara lain Retak Buaya, Retak Memanjang, Tambalan, Lubang, dan Amblas. Tingkat atau nilai kerusakan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) adalah 49,9 termasuk kedalam kondisi Sedang (Fair), sedangkan nilai prioritas kerusakan menggunakan metode Bina Marga adalah 6 termasuk dalam kondisi Sedang (Fair). Hasil evaluasi kondisi dengan metode Bina Marga dan metode PCI berada pada rentang sedang (Fair) menandakan bahwa jalan perlu dimasukkan dalam program pemeliharaan berkala.
Kata kunci : Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga.

References

Anugrah, Damhir. 2012. Cost Analysis of Road Maintenance And Rehabilitation Due To Overloading (Puding Besar – Kota Waringin Roadway Bangka Regency). Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983, Mamual Pemeliharaan Jalan. No. 03/MN/B/1983, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga.

Direktorat Jendral Bina Marga, 1990, Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1992, Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Hardiyatmo, Hary Christady. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi Kedua, Gadjah Mada University Pres, Yogyakarta.

Pasaribu, Rizki Saputra. 2017. Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Dan Lapisan Tambahan (Overlay) Pada Ruas Jalan Raya Pasar Kemis Tanggerang. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Rahmatika, Lu’luk. 2016. Penilaian Kondisi Perkerasan Lentur Di Kabupaten Wonosobo Dengan Meggunakan Metode PCI (Pavement C0ndition Index) (Studi Kasus Jalan Provinsi Kabupaten Wonosobo). Purworwjo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York.

Downloads

Published

2019-02-20