ANALISA KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS: SOLOK-SAWAHLUNTO STA: 68+000-85+000)
Abstract
Jalan Solok-Sawahlunto merupakan jalur lalu lintas yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi, jalur ini banyak dilalui oleh truk muatan besar ataupun kendaraan pribadi, pada jalan Solok-Sawahlunto ini terdapat kerusakan pada beberapa ruas jalan tertentu, kerusakan pada jalan ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang membahayakan pengguna jalan. Untuk itu dilakukan Analisa Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga untuk mengetahui kondisi jalan dan jenis penanganannya. Didapati jenis kerusakan pada jalan tersebut adalah tambalan, retak buaya, retak memanjang, retak melintang, retak pinggir dan lubang. Untuk menentukan kondisi Jalan, Metode PCI rentang nilai kondisi jalan adalah 0 sampai 100 sedangkan metode Bina Marga rentang nilainya 0 sampai 7, data yang diperlukan untuk kedua metode adalah jenis kerusakan, dimensi kerusakan, tingkat kerusakan dan data LHR. Pada penelitian ini didapatkan nilai ratarata PCI adalah 51,03 dengan kondisi jalan sedang dengan jenis penanganannya adalah pemeliharaan berkala, sedangkan metode Bina Marga dengan nilai urutan prioritas (UP) adalah 4 maka jenis penanganannya juga pemeliharaan berkala, jadi kondisi perkerasan jalan Solok – Sawahlunto dengan metode PCI dan metode Bina Marga adalah pemeliharaan berkala.Kata Kunci : Jalan, Kerusakan, Metode PCI, Metode Bina Marga
References
Anugrah, Damhir. 2012. Analisis Biaya Rehabilitasi dan Pemeliharaan JalanAkibat Muatan Lebih (Ruas Jalan Puding Besar-Kota Waringin Kabupaten Bangka).Bangka Belitung
ASTM D6433-07. 2007. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys. United States
Direktorat Bina Marga.1990.Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota. Departemen Pekerjaan Umum
Direktorat Jendral Bina Marga.Jakarta.
Direktorat Bina Marga.1983.Manual Pemeliharaan Jalan Bina Marga No. 03/MN/B/1983. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta
Direktorat Bina Marga.1992. Petunjuk Praktis Pemeliharaan Jalan. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.Jakarta
Direktorat Bina Marga.1997. Pedoman Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/T/BM/1997. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta
Hardiyatmo, H.C. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya. Gajah Mada University Press.Yogyakarta
Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah tentang Jalan. Sekretariat Negara.Jakarta
Republik Indonesia. 2011. Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan Untuk Perencanaan Teknis Pemeliharaan Jalan.Sekretariat Negara.Jakarta
Rondi,M . 2016. Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan Metode PCI Serta Alternatif Penangannya.Surakarta