PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN (ON – STREET PARKING) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS : PANTAI MUARO LASAK DEPAN TUGU MERPATI PERDAMAIAN, RIMBO KALUANG, PADANG BARAT, KOTA PADANG)

Authors

  • Sukmawati Rahmadani
  • Mufti Warman Hasan
  • Zuherna Mizwar

Abstract

Kemacetan yang terjadi di kawasan rekreasi Pantai Muaro Lasak, depan Tugu Merpati Perdamaian, Rimbo Kaluang, Padang Barat – Kota Padang karena adanya aktivitas kegiatan parkir di badan jalan, sehingga terjadi pengurangan lebar jalur lalu lintas efektif. Akibat permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari parkir di badan jalan terhadap kapasitas ruas jalan, karakteristik lalu lintas yang ditinjau berdasarkan nilai tingkat pelayanan jalan, serta mencari solusi untuk permasalahan parkir di badan jalan pada lokasi penelitian tersebut. Metodelogi penelitian dilakukan berdasarkan panduan (MKJI, 1997). Hasil dari penelitian didapat untuk nilai tingkat pelayanan jalan pada hari libur pertama (Sabtu) berada dinilai C pada pukul 13.30-13.45 dan tingkat pelayanan jalan D terjadi pada pukul 18.15-18.30. Untuk tingkat pelayanan jalan pada hari libur kedua (Minggu) berada dinilai C pada pukul 10.15-10.30, dan tingkat pelayanan jalan D pada pukul 18.15-18.30. Sedangkan tingkat pelayanan jalan pada hari kerja (Senin) berada dinilai B pada pukul 13.1513.30 dan tingkat pelayanan jalan D pada pukul 19.45-20.00. Dengan demikian parkir di badan jalan mengakibatkan penurunan kapasitas ruas jalan dan penurunan kinerja ruas jalan.  
 
Kata kunci : parkir di badan jalan, tingkat pelayanan jalan, alternatif parkir pengganti

References

Abubakar, I. (1998). "Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir", Direktorat Jendral Perhubungan Darat DepartemenPerhubungan, Jakarta

Ahmad Munawar (2004). "Manajemen Lalu Lintas Perkotaan".Penerbit Beta Offset, Jogjakarta.

Badan Standardisasi Nasional (1990). Dirjen Bina Marga, "Pandua Survey dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas". Jakarta.

Badan Standardisasi Nasional (2004). Dirjen Bina Marga "Survey Inventarisasi Geometri Jalan dan Perkotaan". Jakarta.

Gea, M.S.A.,& Harianto, J., (2012). Analisis Kinerja Ruas JalanAkibat Parkir Pada Badan Jalan (Studi Kasus : Pasar dan Pertokoan di Jalan Besar Delitua). JurnalDipublikasikan. Universitas Sumatera Utara,

HCM. (2000). Highway Capacity Manual, 2000.

Khasani Y, Murtiono S.E, &Suktiman, (2013). “Analisis Sistem Parkir di Badan Jalan (On-Street Parking)Terhadap Kelancaran Berlalu Lintas diJalanGoalan – Pabelan (Implementasi Dari Mata Kuliah Dasar-DasarKonstruksi Jalan danJembatan)”.Jurnal Dipublikasikan,Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Khisty John, C dan Kent Lall, B(2003). “Dasar Dasar RekayasaTransportasi”. Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Leksmono S.P (2016). "Rekayasa Lalu Lintas".Edisi Ketiga, Penerbit Indeks, Jakarta

MKJI (1997). Manual Kapasitas Jalan Nasional (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga Dapartemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia (2015). "Pedoman Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu LIntas". Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia(1993). "Prasarana dan Lalu Lintas Jalan Jakarta Roess.P Roger . (2004). “Traffic Engineering Third Edition”.Penerbit Pearson EucationIMC, Pearson Prentice Hall.International Edition.

Tamin,O.Z (2008). "Perencanaan, Pemodelandan Rekayasa Transpotasi”Edisi Ketiga Bandung.

Downloads

Published

2019-02-20