PERENCANAAN ULANG JEMBATAN I GIRDER UNDERPASS IC INDUSTRI TOL SERPONG BALARAJA

Authors

  • Syofia Amida
  • Bahrul Anif
  • Robby Permata

Abstract

Jembatan I Girder Underpass Industri Tol Serpong Balaraja ini terletak di daerah Tangerang. Jembatan ini terdiri dari tiga bentang yaitu satu bentang utama dengan panjang gelagar 40 m dan dua bentang lainnya dengan panjang gelagar 16 m. Jembatan ini berada pada seksi 1B dari ruas tol Serpong Balaraja yang menggunakan beton prategang tipe gelagar I girder. Perencanaan jembatan menggunakan SNI 1725:2016 tentang pembebanan jembatan, SNI T-12-2004 tentang perencanaan struktur beton untuk jembatan, dan SNI 2833:2016 tentang ketahanan gempa untuk jembatan yang menggunakan peta gempa 2017 sebagai pemutakhiran peta gempa 2010. Dengan adanya perbedaan peta gempa tersebut maka beban gempa pada struktur jembatan akan mengalami perubahan. Dalam menghitung beban gempa menggunakan dua metode yaitu metode analisa statik ekivalen dan metode respon spektrum. Perencanaan jembatan meliputi struktur atas (pelat lantai, gelagar I girder, pengangkuran pada balok, shear conector, diafragma, pin pada perletakkan) dan struktur bawah (pilar, abutmen, pondasi). Dalam perencanaan jembatan ini menggunakan program bantu pada software komputer.
 
Kata Kunci : Jembatan I girder, Peta gempa, Struktur atas, Struktur bawah

References

Hakam, Abdul. 2008. Rekayasa Pondasi. Padang: Bintang Grafika. Kementrian Pekerjaan Umum. 2010. Perencanaan teknik jembatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga. Lin, T.Y dan H Burns. 1982. Desain Struktur Beton Prategang. Jakarta: Erlangga. Manu, Agus Ikbal. Dasar-Dasar Perencanaan Jembatan Beton Bertulang. Departemen Pekerjaan Umum. Pamungkas, Anugrah dan Erni Harianti. 2013. Desain Pondasi Tahan Gempa. Yogyakarta: Andi. Supriyadi, Bambang dan Agus Setyo Muntohar. 2007. Jembatan. Yogyakarta Beta Offset

Downloads

Published

2019-02-20