PERENCANAAN PERHITUNGAN STRUKTUR PERKUATAN TEBING SUNGAI BATANG SAKAYAN Rahmi

Authors

  • Rahmi Fitriana Gultom
  • Hendri Warman
  • Rahmat Rahmat

Abstract

Sungai Sakayan Gadang ini terancam terisolir, desa ini sejak dulu sudah sering kali terjadinya banjir, jika banjir datang maka akan terjadinya longsor dibibir sungai dan hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan perumahan warga, rumah ibadah, dan kebun warga. Meskipun sudah dipasang batu baronjong namun kelongsoran itu pun tetap terjadi. Seharusnya dengan pemasangan batu beronjong diatas tidak efektif, maka perlu dilakukan bentuk lain dari struktur perkuatan tebing. Turap adalah konstruksi yang dapat menahan tanah disekelilingnya, mencegah terjadinya kelongsoran, dan biasanya terdiri dari dinding turap dan penyangganya.Turap yang banyak dipakai adalah turap dengan tiang tegak, papan turap, serta turap yang terdiri dari jajaran tiang-tiang, dan kadang-kadang dipakai turap beton yang dicor di tempat (Cast-in-place) seperti pada konstruksi tembok menerus di bawah tanah. Untuk merencanakan suatu konstruksi turapperlu dilakukan perhitungan terhadap terhadap struktur tebing sungai yang akan direncanakan disepanjang alur sungai batang Sakayan yang meliputi analisa hidrologi, perhitungan debit banjir, perhitungan tekanan tanah serta disain tiang yang akan dirancang.  
 
Kata kunci: Turap, Sungai, Banjir, Tebing

References

. Joseph E. Bowles “ ANALISA DAN DISAIN PONDASI”, Jilid 2,edisi ke 3. Jakarta, Erlangga, 1999. 2. Ir.Suyono Sosrodarsono Kazuto Nakazawa “ MEKANIKA TANAH

& TEKNIK PONDASI ” edisi ke 4, Jakarta, PT.PERCA, 1988. 3. M.J.Smith, Ir.Elly Madyayanti, “ MEKANIKA TANAH ” edisi ke 4, Jakarta, Erlangga, 1984 . 4. Laurence D.Wesley, “ MEKANIKA TANAH ” Jakarta, Andi Yogyakarta,2012. 5. Dr.Ir.Drs.Nugroho Hadisusanto, Dipl.H. “ APLIKASI HIDROLOGI ” Jogja Mediautama. 6. M, DAS, Braja,” MEKANIKA TANAH,” Jilid 1 dan 2, Surabaya, Erlangga, 1994. 7. http://www.jfesteel.co.jp/en/products/shapes/catalog /d1e-501.pdf 8. Nyoman Wiswara P.A , Hendro Yassin 9. Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No 1,”PERENCANAAN PERKUATAN TANGGUL UNTUK MENANGGULANGI LONGSOR DITEBING SUNGAI SEGAH JALAN BUJANGGA, BERAU” 2013.

Downloads

Published

2019-02-21