JANGKAUAN PELAYANAN PASAR DI KABUPATEN SOLOK SELATAN (Studi Kasus Pasar Padang Aro dan Pasar Muara Labuh )
Abstract
Abstrak
Pasar adalah tempat pendistribusian barang. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan tranksaksi dengan cara tawar menwar harga. Pasar merupakan salah satu pusat pertumbuhan yang mana menurut teori pusat pertumbuhan Christaller bahwa setiap pusat pelayanan itu memiliki hirarki dan setiap hirarki itu memiliki jangkauan pelayanannya. Dimana pasar adalah merupakan hirarki K=3 (optimalisasi pasar) dengan range dan threshold population sebagai konsep dalam menentukan jangkauan pelayanan pasar. Pasar studi merupakan pasar yang memiliki fungsi sebagai pasar kabupaten dimana merupakan pasar yang pengelolaannya oleh pemerintah. Dengan adanya dua pasar yang dikelola pemerintah maka penelitian ini dilatar belakangi oleh hal tersebut. Pada pasar studi merupakan pasar yang memiliki fungsi yang sama sebagai pasar kabupaten dan menjual dari jenis kebutuhan barang yang sama, dari itu penenlitian bertujuan untuk membandingkan jangkauan pelayanan pasar di Kabupaten Solok Selatan studi kasus Pasar Padang Aro dan Pasar Muara Labuh dengan metode komparatif atau membandingkan jangkauan pelayanan pasar. Dengan pendektan deskriptif kualitatif. Dimana data kualitatif akan dianalisis dengan cara deskripsi atau menjelaskan secara kata kata dan akan dituangkan kedalam bentuk peta untuk menguatkan analsisi tersebut. Dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama fungsi pasar sebagai pasar kabupaten sudah terlaksana dimana pasar menyediakan kebutuhan barang primer, sekunder an tersier bagi penduduk Kabupaten. Kedua jangkauan pelayanan pasar Padang Aro melayani kebutuhan barang primer dan sekunder pada jarak yang berbeda sedangkan jangkauan pelayanan pasar muara labuh melayani kebutuhan barang primer sekunder dan tersier. Ketiga aliran barang pada masing masing pasar sama, dimana pasokan barang adalah dari luar kabupaten dan untuk barang primer adalah dari dalam(kabupaten) dan dari luar kabupaten.
Kata kunci : Pasar Kabupaten, Jangkauan Pelayanan, Orde barang
Abstract
The market is a place for distributing goods. The market is a meeting place for sellers and buyers who conduct transactions by way of bargaining prices. The market is one of the centers of growth which according to the theory of the growth center of Christaller that each service center has a hierarchy and each hierarchy has a range of services. Where the market is a hierarchy of K = 3 (market optimization) with a range and threshold population as a concept in determining market service range. The study market is a market that functions as a district market, which is a market that is managed by the government. With the existence of two markets managed by the government, this research is motivated by this. In the study market is a market that has the same function as the district market and sells from the same type of goods needs, from this study aims to compare market service coverage in South Solok District, case study of Padang Aro Market and Muara Labuh Market with a comparative method or comparing range market service. With qualitative descriptive assessment. Where qualitative data will be analyzed by description or explaining in words and will be poured into a map to strengthen the analysis. The results of this study are as follows: first the function of the market as a district market has been carried out where the market provides primary, secondary and tertiary goods for the Regency population. Both of Padang Aro's market service ranges serve the needs of primary and secondary goods at different distances while the market service range of Muara Labuh serves the needs of secondary and tertiary primary goods. The three goods streams in each market are the same, where the supply of goods is from outside the district and for primary goods is from within (district) and from outside the district.
Key Word : Market Regency, Coverage Distance, goods orde
References
Daftar Pustaka
Abbima Indra Nurcahya. 2014, ‘Jangkauan Wilayah Pelayanan Pasar Tradisional Somoroto di Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo’. Jurnal Wilayah dan Lingkungan. Vol.2(2):157-168.
Achmad sidik permana, and Supratignyo Aji, 2010, ‘Penentuan Lokasi Pasar Induk Beras di Kabupaten Subang’. Skripsi(s1) , fakultas teknik Planologi. Unpas.
Amelia Pusapasari. 2014. Central Place Theory. Di https://www.academia.edu/11819557/Central_Place_Theory.com (diakses 02 maret 2018).
Dinas Koperindag ,2017. Profil Pasar di Kabupaten Solok Selatan. Kabupaten Solok Selatan.
Fitriyanti, zeffitni, iwan alim saputraa. 2017. ‘Analisis keruangan pasar tradisional bersih Sintuwu maroso pasca relokasi di kelurahan kawua Kecamatan poso kota selatan Kabupaten Poso’. E-Journal Geo-Tadulako Untad. (351) 12 149
Hasanah.Usawatun. 2015. ‘Kajian Kesesuain Pasar Gemolong 2 Terhadap Faktor Lokasi, Aksesibilitas, dan Jangkauan pelayanan Pasar’. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Hefdiwan. 2012. ‘Identifikasi Fungsi Pasar Kota Payakumbuh terhadap daerah Hinterland’, Skripsi. Universitas Bung Hatta.
Joesron Alie Syahbana Sadino, 2014, ‘Pasar Tradisional Versus Pasar Modern di Daerah Perkotaan’ (Studi Kasus: Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta).Biro Penerbit, Planologi Undip, jurnal pembangunan wilayah dan kota. Vol.10 (2): 205-217.
Miro, Fidel. 2012. Manajemen Trasnportasi. Padang. Erlangga.
Muhammad Yovi. 2016. Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap .[Internet]. Tersedia di : http://woocara.blogspot.com/2016/01/pengertian-pasar-jenis-jenis- pasar-fungsi-pasar.html#ixzz5DGn9LVfM.
Robinson, Tarigan. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Medan: PT.Bumi Aksara.
Rustiadi Ernan, Sunsun Saefulhakim, Dyah R. Panuju. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sugiyono. 2009. Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung.
Tika Yulianidar. 2012. ‘Jangkauan Pelayanan 7-Eleven Jakarta Selatan’. Skripsi. Universitas Indonesia.
Solok Selatan Dalam Angka. 2017. Badan Pusat Statistik.
Sekaran, Uma. 2006. Ukuran Sample Population untuk Penelitian oleh Roscoe(1975). [Internet]. Tersedia di: https://teorionline.wordpress.com/2010/01/24/populasi-dan-sampel/.
SNI Pasar Rakyat (8152:2015)