KAJIAN DAMPAK KEBERADAAN TRANSMART TERHADAP KINERJA RUAS JALAN KHATIB SULAIMAN
Abstract
ABSTRAK
Kota Padang sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat mempunyai perkembangan ekonomi yang tumbuh dengan cukup pesat, dalam hal perkembangan kota yang paling menonjol dan pesat perkembangannya adalah pusat perbelanjaan. Salah satu dari pusat perbelanjaan yang ada dipusat Kota Padang adalah Transmart. Dengan berdirinya Transmart di Kota Padang maka akan menimbulkan tarikan dan bangkitan lalu-lintas pada jalan – jalan sekitar Transmart dan akan menambah volume lalu lintas. Permasalahan diatas terjadi pula pada saat pengoperasian Transmart yang terletak di pusat Kota Padang. Sehingga dengan di bukanya Transmart menimbulkan kekhawatiran akan menurunnya kinerja lalu – lintas di ruas jalan yang berada disekitar Transmart tersebut. Karena dengan dibangunnya pusat kegiatan Transmart akan menimbulkan tarikan yang disebabkan karena Transmart Dengan adanya kegiatan yang berlangsung di Tarnsmart tersebut maka akan mempengaruhi kinerja dari ruas jalan Khatib Sulaiman yang berada tepat di depan Transmart. Dampak tersebut berupa meningkatnya kepadatan lalu – lintas dan menurunnya kecepatan jalan itu sendiri. Hal ini disebabkan karena adanya ketidak seimbangan antara volume lalu lintas dengan kapasitas jalan yang ada dan pada akhirnya akan menimbulkan masalah kemacetan. Maka dilakukanlah analisis menghitung kinerja ruas jalan Khatib Sulaiman guna mengetahui seberapa menurunkah melalui analisis perbandingan v/c ratio Sebelum dan Sesudah berdirinya Transmart.
Kata Kunci : kemacetan, kinerja jalan, volume lalu lintas
ABSTRACT
Padang as the capital city of West Sumatra province has a fairly rapid economic development, in terms of the most prominent and rapid development of the city is the shopping center. One of the shopping centers in the center of the city of Padang is Transmart. With the establishment of Transmart in the city of Padang, it will cause traction and traffic generation on the roads around Transmart and will increase the volume of traffic. The problems above also occur at the time of the Transmart operation which is located in the center of Padang City. So that with the absence of Transmart, it raises concerns about the declining traffic performance on the road that is around the Transmart. Because the construction of the Transmart activity center will cause attraction caused by Transmart. With the activities taking place at Tarnsmart, it will affect the performance of the Sulaiman Khatib road which is right in front of Transmart. The impact is in the form of increasing traffic density and decreasing the speed of the road itself. This is due to the imbalance between the volume of traffic and the capacity of the existing road and in the end will cause congestion problems. Then an analysis is performed to calculate the performance of the Khatib Sulaiman road to find out how much it has decreased through a comparison analysis of v / c ratio before and after the establishment of Transmart
Keywords: congestion, road performance, traffic volume
References
Daftar Pustaka
“Analisis Dampak Lalu Lintas”, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Black, J.A. and Blunden,W.R., 1984, “The Land Use/Transport System”, Pergamos Press, Australia.
Sinulingga, Budi D. (1999). Pembangunan Kota Tinjauan Regional Dan Lokal. Jakarta, Pustaka Sinar Harapan
Dikun, S. dan Arief, D., 1993,”Strategi Pemecahan Masalah Luas Bangunan dan Lalu Lintas”, Bahan Seminar Dampak pemanfaatan Intensitas lahan gedung tinggi/Superblok di Jakarta terhadap lalu lintas disekitarnya, Universitas Taruma Negara bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta.
Djamal, I dan Abimanyu, U, 1993, “Pengaruh Pemanfaatan Gedung Tinggi terhadap Dampak Lalu Lintas”, Bahan Seminar Dampak pemanfaatan Intensitas lahan gedung tinggi/Superblok di Jakarta terhadap lalu lintas disekitarnya, Universitas Taruma Negara bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta.
Setijowarno, D., dan Frazila, R.B., 2001, Pengantar Sistem Transportasi, Unika Soegijapranata, Semarang
“Dokumen Andalalin Transmart”, 2016
“Dokumen Andalalin Whiz Prime Hote”l, 2015
Hobbs, F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah Mada University Press.
“Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI )”, 1997, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Miro Fidel, 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta
Murwono, D, 2003, “Perencanaan Lingkungan Transportasi”, Bahan Kuliah, Magister Sistem dan Teknik Transportasi, UGM, Yogyakarta.
Morlok, E. K. 1978. Introduction to Transportation Engineering and Planning. Mc.
Graw-Hill Kogakuha
Nasution, 1996, Manajemen Transportasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Oglesby, C.H. dan Hicks, R.G., 1993, Teknik Jalan Raya, Jilid I, Edisi keempat.
Sinulingga, Budi D. (1999). Pembangunan Kota Tinjauan Regional Dan Lokal. Jakarta, Pustaka Sinar Harapan
Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung
Tamin, O.Z, 2000, ”Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, ITB, Bandung.
Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu lintas Angkutan Jalan.
UU RI No 38 Tahun 2004 tentang Jalan