ANALISIS KONDISI KERUSAKAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA PENANGANAN TERHADAP KERUSAKAN TERSEBUT
Abstract
Jalan raya merupakan prasarana yang sangat berperan penting dalam sektor perhubungan. Kondisi jalan yang baik akan memudahkan mobilitas penduduk dalam mengadakan hubungan perekonomian dan kegiatan sosial lainnya. Ruas jalan yang ditinjau sepanjang 5 km dengan lebar jalan 6 m. Ruas jalan dibagi dalam 50 unit sampel, dengan luas 600 m2. Menghitung nilai pengurang untuk setiap jenis kerusakan, menghitung nilai kerapatan yang merupakan persentase luas atau panjang total dari satu jenis kerusakan terhadap luas atau panjang total bagian jalan yang diukur, menghitung nilai pengurang pada masing-masing unit sampel, menghitung nilai pengurang terkoreksi untuk setiap unit sampel, menghitung nilai PCI untuk masing-masing unit penelitian, mengitung nilai rata-rata dari keseluruhan jumlah unit penelitian pada ruas jalan yang diteliti untuk mendapatkan nilai PCI jalan tersebut, dan menentukan nilai kondisi perkerasan dengan menggunakan nilai PCI. Penanganan kerusakan menggunakan Metode Perbaikan Standart Bina Marga No : 002/T/Bt/1995. Jenis kerusakan yang terdapat pada ruas jalan Kota PayakumbuhSetangkai berjumlah 10 jenis kerusakan yaitu retak memanjang,retak melintang, retak berkelok kelok, retak blok, retak kulit buaya, lubang, amblas, alur, tambalan, pinggir turun, dan retak pinggir.Kata kunci: Survei Kondisi, Jenis Kerusakan , Unit Sampel, Tingkat Keparahan, Pavement Condition Index (PCI), Penanganan Kerusakan.
References
Bina Marga, (1983). Manual Pemeliharaan Jalan dan Jenis Kerusakan Jalan No. 03/MN/B/1983. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Bina Marga, (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan No. 04/SE/Db/2017. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Bina Marga, (2002). Pedoman Perencanaan Perkerasan
lentur No. Pt-01-2002-B Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Bolla, Margareth Evelyn. 2012. Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode PCI Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan raya Dengan Metoda Analisa Komponen. No. SKBI – 2.3.26.1987. Indonesia.
Hardiyatmo, Hary Christandy. 2015. Pemeliharaan Jalan Raya Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Hendarsin, Shirley L. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York.