PENGARUH PENAMBAHAN PROPORSI GETAH KARET PADA KADAR ASPAL MINIMUM DAN PENGGUNAAN ZEOLIT ALAM SEBAGAI FILLER
Abstract
Jalan adalah salah satu sarana transportasi yang menghubungkan antara daerah yang satu dengan yang lainnya, dimana jalan memiliki fungsi utama sebagai sarana dan prasarana untuk melayani pergerakan lalu lintas manusia dan barang secara aman, nyaman dan cepat. Konstruksi jalan di Indonesia banyak mengalami kerusakan yang salah satu penyebabnya adalah air. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penambahan getah karet dan zeolit yang digunakan untuk penambahan bahan campuran aslpal. Metode yang digunakan adalah pengujian marshall dengan perubahan penambahan proporsi getah karet pada aspal dan zeolit pada aspal. Hasil yang optimum didapatkan adalah 5,81% dan dibuatkan menjadi 6%. Penambahan getah karet sebanyak 2% dan zeolit alam sebagai filler 2% pada campuran aspal sebanyak 4% dapat meningkatkan daya tahan perkerasan terhadap deformasi akibat pembebanan. Hal itu ditunjukan oleh nilai kepadatan 2,31 gr/cc, nilai VFB 79,99%, nilai VIM 3,14%, nilai VMA 15,59%, nilai stabilitas 1880,95 Kg, nilai kelelehan 4,10 mm dan nilai Marshall Quotient 462,91 Kg/mm. Nilai yang dihasilkan telah memenuhi standar yang telah ditentukan dan memiliki sifat yang lebih baik dari pada campuran aspal tanpa bahan tambahan lain.Kata kunci : Aspal, Getah Karet, Zeolit Alam, Test Marshall
References
Aidha N. 2013. Aktivasi Zeolit Secara Fisika dan Kimia untuk Menurunkan Kadar Kesadahan (Cadan Mg) Dalam Air Tanah. Balai Besar Kimia dan Kemasan Kementrian Perindustrian , Jakarta Timur.
Alffandi F, Hadisi H. 2011. PengaruhMetodeAktivasiZeolitAl amsebagaibahanPenurunTemperat urCampuranBeraspalHangat.Pusat LitbangjalandanJembatan.Departe men PUPR, Jakarta.
Ferdilla C, Wibisono G, Malik A. 2018. Pengaruh Penambahan Pahan Alami Lateks (GetahKaret) Terhadap Karakteristik Beton Aspal Lapis Pengikat dengan Pengujian Marshall. Universitas Riau.
Handayani Tjitra, PeniNing. 2017. Penggunaan Zeolit Alam Lolos Saringan No. 200 Terhadap Nilai VIM Campuran Beraspal Hangat.Teknik Sipil Sekolah Tinggi Teknologi Yogyakarta.
Pataras M, DewiR,Prasetya D, Bazidno D. 2017. Pemanfaatan Karet Mentah Pada Flexible Pavement Laston AC – BC danLaston HRS –WC.Universitas Sriwijaya.
Prastanto H, Cipriandi A, Ramadhan A. 2015. Karakteristik dan Hasil Marshall Aspal Termodifikasi dengan Karet Alam