ANALISIS TUNDAAN ARUS LALU LINTAS AKIBAT PENUTUPAN PALANG PINTU KERETA API

Authors

  • Lidya Syurga Hayani
  • Indra Farni
  • Eko Prayitno

Abstract

Tundaan adalah waktu yang hilang akibat adanya gangguan lalu lintas yang terjadi sehingga menambah waktu tempuh selama dalam perjalanan. Metodologi penelitian digunakan untuk menganalisis data – data yang diperlukan dalam penelitian maka  dilakukan dengan survey lapangan  guna mendapatkan data primer. Lama tundaan yang terbesar terjadi pada hari Jum’at sebesar 80,14 detik, panjang antrian pada hari minggu sebesar 189,4 meter dan panjang antrian terpanjang sebesar 194,2 meter dengan lama tundaan 40,8 detik. Nilai hambatan samping yang terbesar terjadi pada hari Selasa pada jam 17.30-18.30 WIB di jalur sebelah kiri dengan nilai hambatan samping sebesar 357. Nilai hambatan samping yang terkecil terjadi pada hari Minggu pada jam 06.30-07.30 WIB di jalur sebelah kiri dengan nilai hambatan samping sebesar 128. Tingkat pelayanan jalan yang terjadi, pada hari senin sampai hari minggu yaitu terdapat tingkat pelayanan jalan A dimana arus volume lalu lintas rendah, kecepatan tinggi dan kepadatan lalu lintas rendah yang terjadi pada pukul 06.30 – 07.30 WIB. Tingkat pelayanan jalan B dimana arus stabil dan mulai ada kepadatan yang rata – rata terjadi mulai pukul 07.30 – 15.30 WIB. Tingkat pelayanan jalan C dimana arus stabil dan pergerakan dibatasi oleh volume lalu lintas yang terdapat pada pukul 15.30 – 18.30 WIB.   
Kata kunci : Tundaan, Arus Lalu Lintas, Kereta Api, Pelayanan Jalan, Kapasitas Jalan

References

Hidayat, Nursyamsu. Perencanaan Survey. Yogyakarta. Jotin Khisti, C , B. Kent Lall. 2000 . Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi Edisi Ketiga Jilid 1. Indonesia. Jotin Khisti, C , B. Kent Lall. 2000 . Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi Edisi Ketiga Jilid 2. Indonesia. Made Tapa Yasa, I dkk. 2011. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan. Bali. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). 1997. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga , Departemen Pekerjaan Umum. Nugroho Julianto, Eko. 2010. Hubungan antara Kecepatan, Volume dan kepadatan Lalu Lintas Ruasa Jalan Siliwangi. Semarang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 43 1993 Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Puspita Sari, Reni. 2016. Analisa Tundaan Akibat Penutupan Palang Pintu Kereta Api Ruas Jalan Urip Suharjo. Bandar Lampung. Putranto Suryo, Leksmono. 2016. Rekayasa Lalu-Lintas Edisi 3. Jakarta. Rifan Ficry Kayori, 2013. Analisa Drajat Kejenuhan Akibat Pengaruh Kecepatan Kendaraan Pada Jalan Perkotaan Dikawasan Komersil. Manado. Saodang, Hamirhan. 2010. Kontruksi jalan raya : geometrik jalan Edisi I. Nova: Bandung. Yoga B, IPratomo dkk. 2010. Manajemen Lalulintas Untuk Mengatasi Tundaan Pada Ruas Jalanl. Ranugrati: Malang. Yusyadiputra, Mukthy dkk. 2014. Pengaruh Penutupan Palang Pintu Perlintasan Jalan Rel Terhadap Kinerja Lalulintas Jalan Raya Diperlintasan Kaligawe. Semarang.

Downloads

Published

2019-08-17