ANALISA KERUSAKAN JALAN UJUNG GADING, PASAMAN BARAT DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STA 323+000 s/d 332+000)
Abstract
Jalan sangat berperan penting dalam menunjang akses pergerakan dan menjadi penghubung dari suatu tempat ke tempat lainnya. Untuk memperlancar akses pergerakan tersebut maka jalan diharuskan memberikan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi dalam berkendara. Ruas jalan Ujung Gading, Pasaman Barat pada saat ini terjadi peningkatan volume lalu lintas dan beban kendaraan yang melintas pada jalan tersebut sehingga menyebabkan kerusakan yang cukup signifikan. Kerusakan tersebut perlu dilakukan survei untuk dapat menentukan jenis dari kerusakan dan perbaikan pada jalan tersebut. Metode Pavement Condition Index (PCI), digunakan untuk menentukan jenis kerusakan dan perbaikan pada jalan Ujung Gading, Pasaman Barat STA 323+000 s/d 332+000. Hasil analisis menemukan jenis kerusakan terdiri dari tambalan, retak buaya, lubang, retak pinggir, retak memanjang, butiran lepas, amblas, dan gelombang. Hasil dari perhitungan Pavement Condition Index (PCI) menunjukkan tingkat kerusakan jalan tersebut dengan nilai 40. Ini berarti kerusakan tersebut adalah buruk (poor). Oleh sebab itu perlu dilakukan perbaikan dengan melakukan pelapisan ulang (Overlay).Hasil dari perhitungan pelapisan ulang (Overlay) didapat setebal 7 cm.Kata kunci : Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Overlay.
References
Andriyanto, Carto. 2010. Pemilihan Teknik Perbaikan Perkerasan Jalan Dan Biaya Penanganannya (studi Kasus : Pada Ruas Jalan Nguter – Wonogiri). Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Anonim. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen. Lampiran Nomor 12 Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 378/KPTS/1987 31 Agustus 1987, Jakarta. Anonim, 2004. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132, Jakarta. Hardiyatmo, H.C. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Putri, Vidya Annisah. 2016. Identifikasi Jenis Kerusakan Pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus : Jalan SoekarnoHatta Bandar Lampung). Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Rahmatika, Lu’luk. 2016. Penilaian Kondisi Perkerasan Lentur Di Kabupaten Wonosobo Dengan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) Studi Kasus : Jalan Provinsi Kabupaten Wonosobo. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tranggono, Moch. 2006. Teknik Evaluasi Kinerja Perkerasan Lentur. Balai Bahan Dan Perkerasan Jalan – Puslitbang Jalan Dan Jembatan.Ujung Berung –Bandung. Tranggono, Moch, Siegfried Syafier, dan Anwar Yamin. 2009. Sistem Pemeliharaan Jalan. Rekayasa Sains Bandung. Bandung. Yamin, Anwar, Siegfried Syafier. 2009. Perencanaan Perkerasan Jalan. Rekayasa Sains Bandung. Bandung.