PERANCANGAN PADANG GIFTED SCHOOL DENGAN PENDEKATAN PERILAKU

Authors

  • Vilandari Vilandari Universitas Bung Hatta
  • Elfida Agus Universitas Bung Hatta
  • Red Savitra Syafril Universitas Bung Hatta

Abstract

Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu, menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Tidak hanya kelaianan atau kekurangan baik pada fisik maupun mental, kesulitan belajar dan gangguan psikis lainnya yang dianggap sebagai anak berkebutuhan khusus, anak dengan kecerdasan atau berbakat (gifted) juga anak berkebutuhan khusus, akan tetapi anak ini sering mengalami hambatan dalam bersosialisasi dan mempunyai sifat dan cara hidup yang unik dari anak lainnya. Hal ini membuat mereka butuh penanganan dan perhatian khusus agar bakat dan potensi yang mereka miliki dapat di kembangkan dengan baik. Padang Gifted School direncanakan agar dapat sebaik mungkin memfasilitasi anak-anak gifted dengan mempehatikan aspek-aspek penting dari perilaku anak, dan dapat meningkatkan perkembangan minat dan bakat serta personal dari seorang anak agar mampu berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sosial. Adapun sekolah ini merupakan jalur pendidikan formal untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), dengan sistem asrama.
Kata Kunci : Berkebutuhan Khusus, Berbakat, Sekolah Dasar

Downloads

Published

2019-08-18