KARAKTERISTIK KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Gitti Sara Ramadhani
  • Hamdi Nur
  • Haryani Haryani

Abstract

Abstrak


Penduduk merupakan komponen penting dalam pembangunan wilayah, dimana jika penduduk tidak terkelola dengan baik maka akan menimbulkan banyak permasalahan pembangunan di daerah tersebut. Untuk itu, agar dapat melakukan perencanaan yang sesuai dengan kondisi penduduk dibutuhkan pengelompokkan wilayah dalam satu karakteristik, yang akan memperlihatkan kondisi perkembangan wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik penduduk di Kabupaten Padang Pariaman, dengan menggunakan metode analisis karakteristik kependudukan, analisis klasifikasi data, analisis tipologi wilayah, dan analisis keterkaitan hubungan karakteristik kependudukan. Dari hasil analisis ini disimpulkan bahwa karakteristik kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman beragam sehingga tipologi wilayah tidak ditemukan, dan tidak hanya faktor demografi saja yang dapat mempengaruhi karakteristik kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman tersebut.
Kata Kunci : Penduduk, Tipologi, Wilayah, Karakteristik Kependudukan. 
 
Abstract


Population is an important componet of regional development, while  managed of the population is not well, it will cause many problems with developments ones. For this reason, to carry out the suitable planning with condition of the population, will necessary to made the typology on one or more characteristic demographics,which will see the conditions of the regional development. This study was learn to identify the characteristics of population in Kabupaten Padang Pariaman, using method of population characteristics analyze, data classification, regional typology, and corelation analyze. The result of this study was concluded tahat demographs characteristics on Kabupaten Padang Pariaman have diverse, and then that typology of this region wasn’t found. From corelation analyze declare that its not only the demographs factor will influenced the characteristic demographs on Kabupaten Padang Pariaman.
Key words : Population, Typology, Regional, Characteristhics of demography   

References

Daftar Pustaka

Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 “Tentang Penataan Ruang”.

Badan Pusat Statistik. Kabupaten Padang Pariaman dalam Angka Tahun 2018. BPS, Kabupaten Padang Pariaman.

Badan Pusat Statistik. Kecamatan Sungai Limau dalam Angka Tahun 2011

BPS, Kabupaten Padang Pariaman.

Bahan Perkuliahan Metode Analisis Perencanaan, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Universitas Bung Hatta.

Tou, Harne Julianti.(2015).Bahan Perkuliahan Pembangunan Pedesaan, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota,

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta.

Djunaedi, Ahmad.(1989).Pengantar Statistik Untuk Arsitektur Analisis Data. Fakultas Teknik.Universitas Gadjah Mada

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. (2007). Dasardasar Demografi. Jakarta: Lembaga Penerbit.

Muta’ali, Lutfi. (2015). Teknik Analisis Regional untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang, dan Lingkungan. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Geografi (BPFG).

Tukiran.(2014). Materi Pokok Kependudukan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Mantra, Ida Bagoes. 2003. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2019-08-27