PERENCANAAN PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN DAN BIAYA (STUDI KASUS : RUAS JALAN PADANG – SOLOK STA 25 + 000 – STA 30 + 000 )

Authors

  • Jemmy Setiadi Roza
  • Eva Rita
  • Rita Anggraini

Abstract

Ruas jalan Padang – Solok merupakan jalan nasional yang dilalui truk bermuatan berat dan kendaraan pribadi. Pada ruas ini terdapat beberapa jenis kerusakan seperti retak kulit buaya, retak memanjang, amblas, lubang dan tambalan. Kerusakan dapat menyebabkan waktu tempuh menjadi semakin lama, terjadinya kemacetan pada jalan tersebut, serta membuat kerusakan yang semakin parah pada perkerasan jalan tersebut. Oleh sebab itu, perlu dilaksanakan pemeliharaan jalan pada ruas tersebut agar jalan dapat melayani sesuai umur rencana dan dalam kondisi mantap. Penanganan kerusakan jalan dilaksanakan menggunakan Pedoman Perbaikan Standar Untuk Pemeliharaan Rutin Jalan (No.001-02/M/BM/2011) yaitu dengan metode Pengisian Retak (P4) dan Penambalan (P5). Dan selanjutnya dengan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 direncanakan overlay (non-struktural) setebal 50 mm dengan lapisan AC-WC. Saluran drainase direncanakan menggunakan Metode Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan (SNI 03-3424-1994) dengan penampang trapesium pasangan batu. Drainase pada STA 25+625 - 25+800 kiri direncanakan dengan lebar = 0,40 meter, tinggi = 0,35 meter, tinggi jagaan = 0,30 meter, kemiringan talud = 1:1/2. Drainase pada STA 25+625 - 25+800 kanan direncanakan dengan lebar = 0,20 meter, tinggi = 0,20 meter, tinggi jagaan = 0,22 meter, kemiringan talud = 1:1/2. Total anggaran biaya untuk pelaksanaan perbaikan kerusakan jalan dan pembangunan drainase adalah sebesar Rp.3.132.046.000,00.
 
Kata kunci: Kerusakan, Penanganan, Drainase, Anggaran Biaya, Bina Marga

References

Badan Standarisasi Nasional, 1994. Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03-3424-1994. Jakarta: Badan Penerbit Standar Nasional Indonesia.

Bina Marga, 1983. Manual Pemeliharaan Jalan No. 03/MN/B/1983. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.

Bina Marga, 1990. Petunjuk Desain Drainase Permukaan Jalan, No. 008/T/BNKT/1990. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga Direktur Pembinaan Jalan Kota.

Bina Marga, 1997. Pedoman Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, No. 038/T/BM/1997. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.

Bina Marga, 2011. Perbaikan Standar Untuk Pemeliharaan Rutin Jalan No. 001-02/M/BM/2011. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.

Bina Marga, 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan No. 04/SE/Db/2017. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.

Departemen Pekerjaan Umum, 2005. Teknik Evaluasi Kinerja Perkerasan Lentur Seri Panduan Pemeliharaan Jalan Kabupaten. Bandung : Balai Bahan dan Perkerasan Jalan – puslitbang Prasarana Transportasi.

Departemen Pekerjaan Umum, 2006. Perencanaan Sistem Drainase Jalan. Jakarta : Menteri Pekerjaan Umum.

Hardiyatmo, H. C., 2015. Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres.

Hendarsin S. L., 2000. Perencanaan Teknik Jalan raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Kurnia, A., 2019. Analisis Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga, (Studi Kasus Ruas Jalan Padang-Solok STA 25+000 s.d STA 35+000). Padang: Universitas Bung Hatta.

Menteri Pekerjaan Umum, 2011. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 13 /Prt/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan. Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Pemerintah Republik Indonesia, 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia, 2016.

Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun

Bagian 3. Jakarta: Badan Penerbit

Pekerjaan Umum

Downloads

Published

2020-02-26