PERENCANAAN PENINGKATAN PERKERASAN LENTUR DAN PELEBARAN BADAN JALAN DI RUAS JALAN SIMPANG IV ARIPAN – TANJUNG BALIK KABUPATEN SOLOK STA (0+000) – (5+000)
Abstract
Ruas jalan simpang IV Aripan – Tanjung balik Kabupaten Solok merupakan jalan Kabupaten yang ditingkatkan menjadi jalan Provinsi, sesuai peraturan metode bina marga Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, lebar badan jalan provinsi standarnya 9 meter, dengan lebar Jalur 6 meter, lebar bahu 1,5 meter. Pada ruas ini lebar jalan 6 meter dan mengalami kerusakan yang cukup parah, kerusakan dapat menyebabkan waktu tempuh menjadi semakin lama. Untuk itu dilakukan perencanaan pelebaran dan perbaikan perkerasan jalan serta drainase agar jalan dapat melayani sesuai umur rencana dengan kondisi mantap. Untuk menentukan lebar jalan menggunakan Manual Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota 1997, Perencanaan tebal perkerasan lentur menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Overlay menggunakan metode Bina Marga 2002, dan untuk perencanaan drainase menggunakan metode Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan (SNI 03-3424-1994). Pelebaran jalan didapatkan 9 m, dan peningkatan tebal perkerasan lentur dibagi 4 segmen, segmen 1,2, dan 3 tidak terjadi peningkatan tanah dasar sedangkan pada segmen 4 peningkatan 150 mm, dengan lapisan HRS WC 35 mm, HRS Base 35 mm, dan lapisan kelas A 375 mm. Untuk Overlay didapat 2 cm. Saluran drainase direncanakan menggunakan penampang persegi pasangan batu, lebar = 0,8 meter, tinggi = 0,8 meter, tinggi jagaan = 0,2 meter.Kata kunci: Pelebaran, Perkerasan, Overlay, Drainase
References
Bina Marga, 1997. Tata Cara
Perencanaan Geometrik Jalan
Antar Kota, No.
/M/BM/1997. Jakarta:
Direktorat Jendral Bina Marga.
Bina Marga, 2017. Manual Desain
Perkerasan Jalan No.
/SE/Db/2017. Jakarta:
Direktorat Jenderal Bina
Marga.
Hartom., 2005. Perencanaan Teknik
Jalan I. Jakarta : UP Press.
Hendarsin, S., 2000. Perencanaan
Teknik Jalan Raya. Bandung:
Politeknik Negeri Bandung.
Indonesia, P. R., 2006. Peraturan
Pemerintah No. 34 Tahun 2006
Tentang Jalan. Jakarta:
Sekretariak Negara.
Rondi, M., 2016. Evaluasi Perkerasan
Jalan Menurut Metode Bina
Marga Dan Metode PCI
(Pavement Condition Index)
Serta Alternatif
Penangananya. Surakarta:
Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Saodang, H., 2005. Perencanaan
Perkerasan Jalan Raya.
Bandung: Nova.
Sukirman, S., 1999. Dasar-Dasar
Perencanaan Geometrik Jalan.
Bandung: Nova.
Utama, L., 2013. Hidrologi Teknik.
Padang: Bung Hatta
University