ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN BINA MARGA (RUAS JALAN SIJUNJUNG STA 103+000–108+000)
Abstract
Ruas jalan pada Kabupaten Sijunjung merupakan jalan nasional yang menghubungkan antara Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, namun jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang dapat mengganggu keselamatan dan kenyaman pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis–jenis dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode PCI (pavement condition index) dan metode Bina Marga. Pada ruas jalan Sijunjung STA 103+000 s/d 108+000 didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, amblas, lubang, retak memanjang dan retak melintang, dan kerusakan tambalan dengan nilai PCI 47,0 yang masuk kedalam kategori fair (sedang). Metode Bina Marga didapat nilai urutan prioritas 6 yang masuk ke dalam program pemeliharaan berkala. Penanganan yang dilakukan mengacu kepada buku Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan (1992) berupa pengaspalan (P2), mengisi retakan (P4), Penambalan lubang (P5), Perataan (P6). Maka jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah.Kata Kunci: Kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga, Penanganan.
References
Andini Ulfah, 2019. Analisa Kondisi Perkerasan Jalan dengan Metode PCI dan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Solok-Sawahlunto STA 68+00085+00). Tugas Akhir S1 Program Studi Teknik Sipil Universitas Bung Hatta. Padang Direktorat Jendral Bina Marga, 1990. “Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan jalan”, Direktorat Jendral Bina Marga, 1983. Manual Pemeliharaan Jalan Bina Marga No. 03/MN/B/1983. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta Hardiyatmo, H. C., 2015. Pemeliharaan Jalan Raya Edisi Kedua. Gadjah Mada Univercity Press. Yogyakarta
Mubarak Husni, 2016. Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta Sta. 11 + 150 s.d 12 + 150”. Jurnal Saintis Fakultas Teknik Universitas Abdurrab, Pekanbaru, Standar Nadional Indonesia 03-3424, 1994. Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan. Jakarta Indonesia, Volume 16 Nomor 1, April 2016, ISSN 2580-7110, Halaman 94109. Peraturan Pemerintah No.34/2006, 2006. Tentang Jalan Rita, E. dan Carlo, N. 2019. Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Barat Ruas Jalan Solok-Sawahlunto. Jurnal Pembangunan Nagari, Volume 4 Nomor 2 edisi Desember 2019: 162170. Rita, E. Agusta, R. Carlo, N. 2019. Penilaian Resiko dan Penanganan Kerusakan Ruas Jalan Nasional Padang-SolokSawahlunto. 6th ACE Converence. Padang, 29 Oktober 2019. Sumatera Barat Rondi Mochamad, 2016. Evaluasi perkerasan jalan menurut metode bina marga dan metode PCI (Pavement Condition Index) serta alternatif penanganannya (studi kasus: ruas jalan Danliris Blulukan – Tohudan Colomadu
Karanganyar). Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiya Surakarta Shahin, M. Y., 1994, Pavement Management For Airport, Road, and Parking Lots, Chapmant & Hall, New York