ANALISIS KERUSAKAN JALAN PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA BESERTA PENANGANANNYA (STUDI KASUS : RUAS JALAN BYPASS KOTA PARIAMAN STA 52+100-STA 57+100)
Abstract
Ruas jalan Bypass Kota Pariaman mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan terganggunya keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Analisis kerusakan dilakukan karena jalan bypass merupakan jalur bagi kendaraan berat yang akan melintasi Kota Pariaman. Untuk mengetahui jenis penanganannya, metode yang digunakan yaitu metode PCI yang penilaian kondisi kerusakan jalan berdasarkan jenis, tingkat keparahan serta kadar kerusakan, dan metode Bina Marga yang penilaian kondisi kerusakan berdasarkan nilai urutan prioritas. Data yang dibutuhkan yaitu data primer, yang terdiri dari jenis, dimensi, serta tingkat keparahan kerusakan, dan data sekunder yang terdiri dari data LHR, nilai IRI, dan curah hujan. Nilai IRI digunakan untuk menentukan tebal overlay yang berfungsi untuk memperbaiki kerataan permukaan jalan. Jenis kerusakan pada ruas Jalan Bypass Kota Pariaman yaitu retak kulit buaya, retak memanjang, retak melintang, tambalan, lubang, dan amblas. Nilai PCI ruas jalan Bypass Kota Pariaman yaitu 48.7 menunjukan kondisi sedang (fair). Hasil analisis menggunakan metode Bina Marga, nilai urutan prioritas berada pada rentang 4-6 yang menunjukan jalan perlu dilakukan pemeliharaan berkala. Tebal overlay yang dibutuhkan yaitu 5.5 cm menggunakan lapisan AC-WC. Air yang menggenangi permukaan jalan dapat menyebabkan kerusakan jalan. Hasil pengecekan kondisi drainase dilapangan, dimensi drainase dapat menampung debit sebesar 5.04 m3/detik lebih besar dari debit rencana yaitu 0.57m3/detik.Kata kunci : Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga, Overlay, Drainase
References
Andini, Ulfah. 2019. Analisa Kondisi Perkerasan Jalan dengan Metode PCI dan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Solok-Sawahlunto STA 68+000-85+00). Tugas Akhir S1 Program Studi Teknik Sipil Universitas Bung Hatta. Padang Badan Standarisasi Nasional, 1994, “Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan”, Jalan SNI 03-34241994, Jakarta ; Badan Penerbit Standar Nasional Indonesia
Bina Marga, 1983, “Mamual Pemeliharaan Jalan” No.03/MN/B/1983, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Bina Marga, 1990, “Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan”, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Bina Marga, 1992, “Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan”, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga.
Bina Marga, 1997, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota”, No.038/TBM/1997, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Bina Marga, 2017. “Manual Desain Perkerasan Jalan” No.04/SE/Db/2017, Direktorat Jenderal Bina Marga Clarkson H, Oglesby, 1999, Alih Bahasa, Teknik Jalan Raya Jilid 1, Gramedia,Jakarta. Hardiyatmo, Hary Christady. 2007. “Pemeliharaan Jalan Raya”, Edisi Kedua, Gadjah Mada University Pres, Yogyakarta. Hasibuan, Rijal Psalmen. 2017. Studi Hubungan Pavement Condition Index (PCI) dengan Nilai
International Roughness Index (IRI) Pada Perkerasan Lentur. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Hendarsin, Shirley L, 2000. “Buku I Perencanaan Teknik Jalan Raya”,Politeknik Negeri Bandung. Modul RDE - 07: Dasar-dasar Perencanaan Drainase Jalan, Departemen Pekerjaan Umum dan Pembinaan Konstruksi dan Sumber Daya Manusia, Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatiahan Konstruksi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 34 Tahun 2006. “Tentang Jalan” Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.Chapman & Hall. New York. Sulaksono, S, 2001. “Rekayasa Jalan”, Departemen Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung. Sosrodarsono, Suyono. Ir. Kensaku Takeda, 1977. “Hidrologi Untuk Pengairan”. Jakarta, PT. Pradnya Paramita Triatmodjo, Bambang. 2008, Hidrologi Terapan, Beta Offset, Yogyakarta Utomo, Suryo Hapsono Tri. (2001), Kajian Kondisi Perkerasan Jalan Arteri di
Kabupaten Sleman Menggunakan Cara Pavement Condition Index. Media Teknik No. 2 Tahun XXIII Edisi Mei 2001. No. ISSN 02163012 Zufrimar, dkk, 2016. Kajian Kurva Intensity Duration Frequency (IDF) Dengan Pendekatan Haspers dan Mononobe pada DAS Bt. Ombilin. Konferensi Nasional Teknik Sipil 10 Universitas Atmajaya. Yogyakarta