ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE IRI ( INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX ) DAN METODE BINA MARGA (BATAS PAYAKUMBUH – BATAS RIAU KM. 152+700 – 171-700)
Abstract
Daerah Ulu Aia berada pada Km. 152+700 – 171+700 merupakan jalan lintas batas kota Payakumbuh menuju Riau, yang banyak mengalami kerusakan pada perkerasannya. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan. Oleh karenanya dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, menganalisa tingkat kerusakan jalan dengan metode IRI dan Bina Marga serta bentuk penanganannya dan menganalisa perbedaan penggunaan metode IRI dan metode Bina Marga. Penelitian dilakukan dengan pengambilan data primer melalui survey lapangan untuk mengetahui jenis kerusakan jalan dan data sekunder berupa data LHR. Analisa data dilakukan dengan metode IRI untuk menentukan nilai kondisi jalan. Metode Bina Marga untuk menentukan urutan Prioritas pada jalan. Hasilnya didapatkan jenis kerusakan seperti retak buaya, retak memanjang, tambalan, lubang, amblas dan alur. Tingkat kerusakan dengan metode IRI didominasi dengan kategori baik, sedangkan pada STA 157+700 - 158+700 tingkat kerusakan Rusak Ringan perlu Peningkatan Jalan. Nilai prioritas kerusakan metode Bina Marga adalah 5 yaitu Pemeliharaan Berkala. Perbedaan metode IRI dan Bina Marga yaitu Metode IRI menentukan kondisi kerusakan jalan persegmen (1 KM) dengan pengambilan sampel 100 M dan tidak menentukan nilai Prioritas jalan. Sedangkan Metode Bina juga menentukan nilai kondisi jalan, akan tetapi tidak detail seperti IRI. Maka tingkat keakuratan dalam menentukan Program Penanganan Jalan adalah dengan Metode IRI.Kata kunci : Kerusakan Jalan, International Roughness Index (IRI), Bina Marga.
References
Clarkson H, Oglesby, 1999, Alih Bahasa,
Teknik Jalan Raya Jilid 1,
Gramedia,Jakarta
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983,
Manual Pemeliharaan Jalan,
No.03/MN/B/1983, Departemen
Pekerjaan Umum, Direktorat
Jenderal Bina Marga
Direktorat jenderal Bina Marga, 2017. “Manual Perkerasan Jalan (Revisi Bulan Juni) No 04/SE/Db/2017, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat jendral Bina marga
Hendarsin, Shirley L, 2000. “Buku I
Perencanaan Teknik Jalan Raya”,
Politeknik Negeri Bandung
Hutauruk, Andi Gumonggom.2015. Analisis Prediksi Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Pendekatan HDM-4 Untuk Penanganan Jalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Downloads
Published
2020-02-26
Issue
Section
Articles