ANALISIS KINERJA DAN TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN KOTA (STUDI KASUS JALAN PROF. DR. HAMKA, KOTA PADANG)
Abstract
Salah satu kemacetan yang ada dikota Padang adalah ruas jalan Prof. Dr. Hamka, Banyaknya hambatan samping, putar balik kendaraan yang tidak pada tempatnya, kendaraan yang melintas, maupun kendaraan parkir dibadan jalan juga menambah masalah kemacetan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji volume lalu lintas dan hambatan samping yang terjadi diruas jalan dan mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan jalan. Volume lalu lintas tertinggi 2572 skr/jam terjadi pada hari Sabtu pada jam puncak sore dijalur kiri jalan, volume terendah sebesar 770,40 skr/jam terjadi dihari Senin pada jam puncak pagi dijalur kanan jalan. Kelas hambatan samping pada hari Senin dan Sabtu adalah sangat rendah (SR). Kinerja dari ruas jalan ini berupa nilai kapasitas jalan 1667,51 skr/jam dijalur kanan jalan dan 1639,55 skr/jam pada jalur kiri jalan, kecepatan 21,15 km/jam pada jalur kanan jalan dan 13,63 km/jam pada jalur kiri jalan, kepadatan tertinggi 352,36, kepadatan terendah 21,93. Derajat kejenuhan tertinggi 1,57 dengan tingkat pelayanan jalan F, sedangkan nilai derajat kejenuhan terendah adalah 0,46 dengan tingkat pelayanan jalan C.Kata Kunci : Kemacetan, hambatan samping, kinerja, tingkat pelayanan jalan.
References
Agustian, Toni. 2016. Analisa Kinerja Jalan yang dipengaruhi On Street Parking dan Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan. Universitas Bung Hatta. Padang. Arthur Kolinug, Lendy dkk. 2013. Analisa Kinerja Jaringan Jalan Dalam Kampus Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Sipil Statik Vol.1
No.2, Januari 2013 (119- 127). Manado. Badan Pusat Statistik Kota Padang. 2019. Jumlah Penduduk Kota Padang Tahun 2019. Badan Pusat Statistik. Padang. Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum . Bandung. Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta. Muhtadi, Adhi. 2010. Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan Jalan, Kinerja dan Pengaruh Pembuatan Median Jalan. Neutron, Vol.10, No.1, Pebruari 2010: 43 – 54. Jombang. Novalia, Cindy dkk. 2016. Analisa dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol – Jalan Sisingamangaraja). JRSDD, Edisi Maret 2016, Vol.4, No.1, Hal:153 – 162 (ISSN:2303-0011). Bandar Lampung.
Oglesby, Clarkson, H., R. Garry Hicks, Alih Bahasa Purwo Setianto. 1999. Teknik Jalan Raya, jilid 1. Gramedia. Jakarta. Suryo Putranto, Leksemono. 2016. Rekayasa Lalu Lintas Edisi 3. Indeks. Jakarta Barat. Syurga Hayani, Lidya. 2019. Analisis Tundaan Arus Lalu Lintas Akibat Penutupan Palang Pintu Kereta Api. Universitas Bung Hatta. Padang. Tamin, Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung. Zalmi, Rezky, Fidel Miro, Hamdi Nur. 2016. Studi Kinerja Jalan Prof. Dr. Hamka Kota Padang. Jurnal Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Bung Hatta. Padang.