ANALISA KINERJA PERSIMPANGAN BERSINYAL (Studi Kasus : Simpang 4 Alai)
Abstract
Kota Padang sebagai kota yang dinamis mengalami perkembangan dan pertambahan penduduk secara pesat dapat memicu peningkatan aktifitas penduduk. Salah satunya adalah simpang 4 Alai yang merupakan jalan berlalu lintas padat, karena simpang ini berada di pusat kota dan pusat perkantoran. Jalan ini juga menjadi salah satu jalur pusat perekonomian dan perindustrian. Kondisi pada persimpangan ini dapat menyebabkan sering terjadinya kemacetan dan konflik sehingga menimbulkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas pada simpang 4 Alai, mencari nilai tingkat pelayanan jalan, membandingkan waktu sinyal dan kapasitas serta perilaku lalu lintas yang berhubungan dengan panjang antrian, tundaan dan hambatan dan mencari cara untuk mengatasi permasalahan. Metode yang digunakan berpedoman pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014). Berdasarkan hasil penelitian didapat kapasitas jalan tertinggi berada pada ruas jalan Teuku Umar sebesar 3432 skr/jam, Derajat kejenuhan tertinggi berada pada ruas jalan Gajah Mada sebesar 0,73, panjang antrian terbesar terdapat pada ruas jalan Gajah Mada Sepanjang 31 meter dan tundaan terbesar berada pada ruas jalan Teuku Umar sebesar 1253 det/skr, nilai tingkat pelayanan didapat B sampai D. Untuk meningkatkan nilai tingkat pelayanan jalan dilakukan alternatif penambahan durasi waktu hijau selama 6 detik pada masing-masing lengan jalan.Kata Kunci : Kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, nilai tingkat pelayanan jalan
References
Anastasia, Ario. 2015. Analisis persimpangan bersinyal disimpang Alai kota Padang. Padang. Universitas Bung Hatta.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.
Harianto, Joni. 2000. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Kawasan Kota Medan. Medan. Universitas Sumatera Utara.
Hidayat, Taufiq. 2018. Manajemen Kawasan Kemacetan Lalu Lintas Simpang Bersinyal Pada Jam Puncak ( Peak Hours ) Kawasan Kota Padang .Padang. Universitas Bung Hatta.
Oglesby, Clarkson H dan Hicks, R Gary, 1999. Teknik Jalan Raya, Edisi 4. Erlangga. Jakarta.
Peraturan Menteri Perhubungan No KM 14 tahun 2006. Karakteristik Tingkat Pelayanan Jalan. Kementrian Perhubungan. Jakarta.
Peraturan Menteri Perhubungan No 96 tahun 2015. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Kementrian Perhubungan. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993. Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.
Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006. Dasar Teori Jalan.
Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004. Tentang Definisi Jalan.