PREFERENSI PENGUNJUNG LUAR DAERAH TERHADAP PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA PADANG (Studi Kasus: Basko Grandmall, Transmart dan Plaza Andalas)

Authors

  • Septyan Ningsih
  • Hamdi Nur
  • Tomi Eriawan

Abstract

ABSTRAK

Pusat Perbelanjaan difungsikan sebagai pusat perdagangan seperti halnya pada pasar-pasar tradisional yang menjadi pusat jual-beli masyarakat yaitu sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat. Akan tetapi pusat perbelanjaan mampu menciptakan daya tarik tertentu yang dapat menarik perhatian lebih banyak pengunjung. Sehingga dapat dikatakan bahwa kini pusat perbelanjaan tidak hanya menjadi tempat pusat konsumsi namun juga menjadi tempat rekreasi yang menarik, menyenangkan, aman, dan nyaman bagi masyarakat untuk sekedar menghilangkan penat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh daya tarik pusat perbelanjaan terhadap preferensi pengunjung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi komparasi antara pusat perbelanjaan Basko Grandmall, Trandmart dan Plaza Andalas. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah pengunjung sebagai konsumen yang telah berpengalaman mengunjungi ketiga pusat perbelanjaan di Kota Padang. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada Pusat Perbelanjaan Basko Grandmall yang menjadi daya tarik adalah produk beragam, terbaru dan bermerek. Pada pusat perbelanjaan Transmart yang menjadi daya tarik adalah ketersediaan bioskop, gamezone, foodcourt & lainnya, tempat makan beragam, tempat bermain / playground lebih banyak dan ketersediaan fasilitas servis. Dan sedangkan pada pusat perbelanjaan Plaza Andalas yang menjadi daya tarik adalah harga barang murah. Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh antara daya tarik pusat perbelanjaan terhadap preferensi pengunjung luar daerah Kota Padang, yaitu pusat Perbelanjaan Transmart lebih disukai daripada kedua pusat perbelanjaan lainnya. Rekomendasi yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah penyediaan fasilitas utama, fasilitas penunjang dan fasilitas servis yang memadai pada pusat perbelanjaan untuk menarik pengunjung, terutama fasilitas utama, yaitu memiliki keberagaman barang yang bermerek dan terbaru dan fasilitas penunjang memiliki bioskop, gamezone dan tempat makan yang beragam.

Kata Kunci : Pusat Perbelanjaan, Preferensi Pengunjung, Daya Tarik

ABSTRACT

 The shopping center was supposed to be a center of commerce as in the traditional markets that are becoming public trading centers as to achieve the needs of the population. However modern shopping malls are better able to create certain attraction that can attract more visitors. So it can be said today’s shopping mall are more than just central consumption, but it’s also an interesting, enjoyable, safe and comfortable type of recreation for people to get rid of. The study aims to examine the appeal of shopping mall to visitor’s preferences. The approach to research was comparable study between the shopping malls of Basko Grandmall, Transmart and Plaza Andalas. Object to this research is a visitor as an experienced consumer who visits the three shopping mall of Padang city. Analysis indicated that the attractive shopping center for the Basko Grandmall shopping center was a wide-ranging, brand new product. At the Transmart shopping center that attracted was the availability of theaters, gamezone, foodcourt and other, diverse dining accomodations, more playground and availability of service facilities. And the attractive shopping center of Plaza Andalas is a bargain. Research may lead us to conclude that there is an influence between the attraction of a shopping center on outdoor visitors’ preference, the transmart shopping center preferred to more than the other. The recommendations that can be formulated in this study are the provision of major fasilities, patronage and adequate service facilities to attract visitors, particularly the main facilities, which is to have the diversity of brand – name brand and latest items and utilities such a cinema, gamezone and diverse dining accommodation.

Keywords : Shopping Center, Visitor’s Preference, The Attraction

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Asmariati, R. (2016). Identifikasi Pola Perkembangan Properti Yang Terjadi Pada Sebuah Area Kota Yang Cepat Berkembang (Studi Kasus: Jalan Margonda Raya-Depok). Jurnal Rekayasa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, 6(1).

Beddington, Nadine, Design FSC, Butterworth Scientific, London, 1982

Davidson, Wiliiam R et al,1988, Retailing Management, New Jersey USA, John Wiley and Sons Inc

Fisher, Jeffrey D. 1991. The Language of Real Estate Appraisal. Unites States of America. Dearborn Real Estate Education

Kotler, P dan Amstrong, Gary. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Terjemahan Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhalindo

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Ma’ruf, Hendri. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Utami, C.W. (2006). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat

Utami, C.W. (2008). Strategi Pemasaran Ritel. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Utami, C.W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Asri Bestari, Ratna. 2013. Pengaruh Daya Tarik Pasar Tradisional dan Pasar Modern Terhadap Preferensi Konsumen. Semarang. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Asri, Rani Hapsari Kusuma. 2010. Analisis Perbandingan Sikap Konsumen Dalam Memilih Pasar Tradisional (Pasar Tugu Bandarlampung) dan Pasar Modern (Chandra Superstore Cabang Tnajung Karang). Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Available at: http://digilib. unila.ac.id/19961/1/Skripsi/ Rani/Hapsari/ Kusuma/Asri/280611011023/29.pdf diakses pada tanggal 12 Desember 2018

Mustika, Rima. 2014. Perbandingan Karakteristik Pengunjung Ritel Modern Skala Besar di Pusat dan Pinggiran Kota Semaran.Semarang. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Available at : http://ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/pwk diakses pada tanggal 11 November 2018

Setyawarman, Adityo. 2009. Pola Persebaran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Pasar Modern (Studi Kasus Kota Surakarta). Surakarta. Universitas Diponegoro. Diakses pada : http://eprints.undip.ac.id// tanggal

Syahbana, Joesron Alie. 2014. Pasar Tradisional versus Pasar Modern di Daerah Perkotaan (Studi Kasus : Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta). Semarang. Fakultas Teknik Universitas Dipenegoro.

Website :

http://e-journal.uajy.ac.id/2988/5/2TA12194.pdf

http://e-journal.uajy.ac.id/4404/3/2TA13245.pdf

http://repository.unpas.ac.id/29013/5/BAB/II/Fix.pdf

https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/1059/05/bab.pdf

Downloads

Published

2020-03-01