ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) DAN METODE BINA MARGA
Abstract
Berdasarkan hasil asnalisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, makaterdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada ruas Jalan Padang – Painan KM 50+200 sampai dengan KM 55+200 antara lain Retak Buaya, Retak Memanjang, Tambalan, Lubang, Amblas dan Alur 2. Pada Ruas Jalan Padang – Painan pada Km 50+200 – 53+200 dengan menganalisa tingkat kerusakan menggunakan metode IRI dan metode Bina Marga di dominasi dengan kategori rusak sedang, sedangkan pada km 53+200 – 55+200 kategori baik, yang mana nilai IRI rata rata yang di dapati adalah 4,34 dengan nilai prioritas jalan 4, yang artinya masuk kedalam pemeliharaan berkala. 3. Ruas Jalan Padang – Painan pada Km 50+200 – 55+200 di dapat nilai IRI rata – rata adalah 4,34, yang mana nilai tersebut digunakan dalam merencanakan tebal overlay 4 cm. 4. Didapat tebal lapis overlay rencana 4 cm, dengan total RAB overlay Rp. 2.695.067.912,46Downloads
Published
2020-10-27
Issue
Section
Articles