ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) DAN METODE BINA MARGA

Authors

  • Yopi Dermawan

Abstract

Berdasarkan hasil asnalisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, makaterdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada ruas Jalan Padang – Painan KM 50+200 sampai dengan KM 55+200 antara lain Retak Buaya, Retak Memanjang, Tambalan, Lubang, Amblas dan Alur 2. Pada Ruas Jalan Padang – Painan pada Km 50+200 – 53+200 dengan menganalisa tingkat kerusakan menggunakan metode IRI dan metode Bina Marga di dominasi dengan kategori rusak sedang, sedangkan pada km 53+200 – 55+200 kategori baik, yang mana nilai IRI rata rata yang di dapati adalah 4,34 dengan nilai prioritas jalan 4, yang artinya masuk kedalam pemeliharaan berkala. 3. Ruas Jalan Padang – Painan pada Km 50+200 – 55+200 di dapat nilai IRI rata – rata adalah 4,34, yang mana nilai tersebut digunakan dalam merencanakan tebal overlay 4 cm. 4. Didapat tebal lapis overlay rencana 4 cm, dengan total RAB overlay Rp. 2.695.067.912,46

Downloads

Published

2020-10-27