ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) DAN METODE BINA MARGA
Authors
Yopi Dermawan
Abstract
Berdasarkan hasil asnalisis data dan pembahasan
yang telah dilakukan, makaterdapat beberapa hal
yang dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada
ruas Jalan Padang – Painan KM 50+200
sampai dengan KM 55+200 antara lain Retak
Buaya, Retak Memanjang, Tambalan, Lubang,
Amblas dan Alur
2. Pada Ruas Jalan Padang – Painan pada Km
50+200 – 53+200 dengan menganalisa tingkat
kerusakan menggunakan metode IRI dan
metode Bina Marga di dominasi dengan
kategori rusak sedang, sedangkan pada km
53+200 – 55+200 kategori baik, yang mana
nilai IRI rata rata yang di dapati adalah 4,34
dengan nilai prioritas jalan 4, yang artinya
masuk kedalam pemeliharaan berkala.
3. Ruas Jalan Padang – Painan pada Km 50+200
– 55+200 di dapat nilai IRI rata – rata adalah
4,34, yang mana nilai tersebut digunakan
dalam merencanakan tebal overlay 4 cm.
4. Didapat tebal lapis overlay rencana 4 cm,
dengan total RAB overlay Rp.
2.695.067.912,46