ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIMCAR DI KOTA PADANG

Authors

  • Putra Anggara Lingga Deri Universitas Bung Hatta

Abstract

Transportasi dapat diartikan sebagai usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lain, dimana di tempat lain ini objek tersebut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. (Miro, 2005) Dalam pengertian lain transportasi diartikan sebagai usaha pemindahan atau pergerakan dari suatu lokasi ke lokasi yang lainnya dengan menggunakan suatu alat tertentu. Sesuai dengan kondisi geografis di Indonesia terdapat 3 macam bentuk transportasi yang digunakan, yaitu transportasi darat, laut dan udara (Miro, 20012). Melihat begitu pentingnya peran transportasi dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan kemajuan teknologi munculah transportasi berbasis online (TBO), yang kebetulan berbeda dengan kelompok alat transportasi darat lainnya. Transportasi online adalah suatu penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang berjalan dengan mengikuti serta memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan (teknologi) berbasis aplikasi online baik untuk pemesanan maupun pembayaran (Hariyanto, 2017). Semakin tingginya tuntutan mobilitas masyarakat dizaman sekarang ini, terutama masyarakat kota, tentunya membutuhkan sarana transportasi yang dapat memberikan pergerakan dan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih cepat, walalupun jarak tempuhnya jauh. Sifat dari masyarakat kota, pada umumnya adalah dinamis, selalu bergerak dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan atau keadaan yang ada. Begitu pula dengan perubahan pada pemilihan moda transportasi untuk melakukan pergerkan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Menurut Davis (1989) minat menerima suatu teknologi akan terbentuk dari persepsi akan kegunaan dan persepsi akan kemudahan yang keduanya akan membentuk suatu sikap terhadap teknologi. Pada saat individu memiliki persepsi bahwa suatu teknologi tersebut berguna dan mudah digunakan, maka individu akan membentuk suatu sikap positif terhadap teknologi bersangkutan. Demikian halnya pada transportasi online Maximcar yang menginginkan persepsi dan harapan masyarakat kota Padang terhadap layanan transportasi online Maximcar, guna meningkatkan dan memperbaiki kualitas layanan terhadap konsumen.

Downloads

Published

2020-11-09