EVALUASI TINGKAT PELAYANAN AIR BARSIH PROGRAM PAMSIMAS JORONG GUGUAK JAMBU – BONAI, NAGARI III KOTO, KECAMATAN RAMBATAN

Authors

  • Ade Irawan Universitas Bung Hatta

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dan sanitasi merupakan persoalan yang selalu dihadapi oleh beberapa wilayah di indonesia. Untuk menyelesaikakan permaslahan tersebut, pemerintah menciptakan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berpabasis Masyarakat (PAMSIMAS) guna menjawab dari persolaan tersebut. Akan tetapi didalam pelayanannya, program belum mampu memberikan pelayanan secara optimal terhadap air bersih dan sanitasi. Jorong Guguak Jambu-Bonai, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, terdapat permasalahan pelayanan program Pamsimas. Dimana didalam pelayanan program Pamsimas masih terdapat masyarakat yang belum mendapatkan pelayan air bersih, Selain itu permasalahan yang terjadi berdasarkan informasi yang didaptkan dari beberapa orang masyarakat yaitu belum lancarnya pengelolaan dan pemeliharaan program Pamsimas berupa pendistribusian air bersih yang tidak merata, adanya beberapa titik pipa yang dibangun mengalami kebocoran namun tidak ada upaya perbaikan sehingga pendistribusian air bersih tidak optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan air bersih program pamsimas di Jorong Guguak Jambu-Bonai guna memberikan solusi baik kepada pemerintah, Pengurus Program Pamsimas, maupun kepada masyarakat terhadap permasalahan tersebut.

Downloads

Published

2020-11-09