ANALISIS KERUSAKAN JALAN PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PCI DAN BINA MARGA BESERTA PENANGANANNYA (STUDI KASUS : RUAS JALAN SP. PADANG ARO – BATAS JAMBI STA 180+000 – 185+000) KABUPATEN SOLOK SELATAN

Authors

  • Yuskal Despian Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas Jalan Simpang Padang aro - batas Jambi merupakan jalan Nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Kabupaten Kerinci. Jalan ini dilalui oleh volume lalu lintas yang cukup tinggi yang terdiri dari kendaraan ringan dan kenderaan berat, dimana pada saat ini sudah mengalami penurunan kualitas jalan sebagaimana dapat dilihat dari kondisi permukaan jalan. Oleh sebab itu dilakukan analisa kerusakan jalan, dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga untuk mengetahui kondisi jalan dan jenis penanganannya. Untuk mendesain perkerasan jalan menggunakan metode manual desain perkerasan Jalan No.04/SE/Db/2017 dan untuk merencanakan drainase menggunakan SNI 03-3424-1994. Hasil penelitian didapati jenis kerusakan jalan adalah retak melintang/memanjang, retak kulit buaya, tambalan, amblas dan lubang. tingkat kerusakan keseluruhan permukaan jalan dengan nilai PCI sebesar 26.92 dan nilai bina marga yaitu 3 dengan kondisi jalan buruk (poor) dan dimasukkan dalam program peningkatan. Hasil Perencanaan perkerasan untuk segmen 1-3 AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-base 80 mm, LPA Kelas A 300 mm, dan perbaikan tanah dasar 350 mm. untuk perencanaan drainase digunakan penampang persegi, dengan dimensi tinggi 1 m, lebar 0.7 m, dan tinggi jagaan 0.5 m dengan kapasitas drainase (Q) = 2.9995 m3/dt besar dari debit rencana (Q) = 2.931 m³/dt.

Downloads

Published

2021-08-30