PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN RAYA, TEBAL PERKERASAN LENTUR SERTA DRAINASE RUAS JALAN BUNGO TANJUNG – TELUK TAPANG (STA 375+000 - STA 380+000) KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Yusvina Helmi Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas jalan Bungo Tanjung – Teluk Tapang, Kabupaten Pasaman Barat merupakan jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Sumatera Utara. Jalan ini dibangun untuk memperlancar mobilitas penduduk dan mempermudah akses jalan menuju pelabuhan Teluk Tapang serta membuka kawasan yang terisolir seperti Desa Lubuk Buaya, Desa Silawai dan Desa Baru. Untuk pembangunan jalan ini dilakukan perencanaan geometrik, perkerasan lentur dan saluran drainase. Metode yang digunakan yaitu Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.038/TBM/1997, Manual Desain Perkerasan Jalan No.04/SE/Db/2017 dan Modul Perancangan Drainase Permukaan Jalan 2016. Data yang digunakan yaitu data primer untuk mengetahui lebar jalur, bahu jalan, jenis lapisan perkerasan dan kondisi drainasenya. Data sekunder yaitu data LHR, CBR, Topografi, dan Hidrologi. Hasil perencanaan geometrik alinyemen horizontal didapat 36 tikungan, terdiri dari FC 27 tikungan, SCS 8 tikungan dan SS 1. Pada alinyemen vertikal terdapat 32 titik perpotongan verikal (PVI) dengan 14 lengkung cembung dan 18 lengkung cekung. Untuk tebal perkerasan segmen 1,2 dan 3 yaitu diperoleh AC-WC 40mm, AC-BC 60mm, AC-Base 105mm, LPA kelas A 300 mm dan peningkatan tanah dasar 200 mm. Hasil perencanaan drainase di lapangan dapat menampung debit sebesar 0.656 m³/detik, lebih besar dari debit rencana yaitu 0.652 m³/detik.

Downloads

Published

2021-08-30