ANALISIS PENURUNAN UMUR RENCANA PERKERASAN LENTUR AKIBAT OVERLOADING KENDARAAN SERTA PERENCANAAN PENINGKATAN KAPASITAS JALAN “BATAS KOTA PADANG – BATAS KOTA PAINAN STA 37+000-47+000”

Authors

  • Fadelda Akbar Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas Jalan Batas kota Padang – Batas Kota Painan yang merupakan jalan penghubung Kota Padang dan Painan, ruas jalan ini termasuk jalan Nasional rute lintas Sumatera. Volume kendaraan yang melewati jalan ini tinggi dan banyak kendaraan berat yang melintas sehingga menyebabkan umur jalan ini cepat menurun. Hasil penelitian didapatkan nilai VDF dari kendaraan golongan 6a samppai golongan 7c dengan perbandingan nilai VDF Overload dan VDF rencana adalah 327,3647% hingga 2311,6851%, ruas jalan tersebut mengalami penurunan masa layan sebesar 23,44% atau 11 tahun lebih cepat dari umur rencana jalan 20 tahun. Dari hasil perhitungan tebal lapis overlay non-structural didapatkan tebal overlay AC-WC 45 mm. Perhitungan tebal lapis perkerasan lentur untuk pelebaran jalan dengan metode Manual desain perkerasan jalan 2017 didapatkan tebal AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 160 mm, LPA Kelas A 300 mm, dan Peningkatan tanah dasar setebal 200 mm sampai 300 mm untuk 5 segmen. Pada metode Road Note 31 diperoleh tebal Surfacing 150 mm, Road base 250 mm, Sub base 250 mm dan lapisan penopang dasar setebal 200 mm sampai 350 mm untuk 5 segmen. Hasil perencanaan tebal perkerasan untuk pelebaran jalan akan direalisasikan pada akhir umur rencana yaitu tahun 2036 dimana kapasitas jalan sudah terlampaui.

Downloads

Published

2021-08-30