ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA (STUDI KASUS RUAS JALAN MATUR-PALEMBAYAN STA 5+000 – 10+000)

Authors

  • M. Nadyanda Anjasmara Atmaja Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas jalan Matur-Palembayan yang terletak di kabupaten Agam merupakan jalan provinsi alternatif jalan yang menghubungkan antara Bukittinggi dan Pasaman, namun jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang dapat mengganggu keselamatan dan kenyaman pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis–jenis dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode PCI (pavement condition index) dan metode Bina Marga. Pada ruas jalan Matur-Palembayan STA 5+000 s/d 10+000 didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, amblas, lubang, retak memanjang dan retak melintang, dan kerusakan tambalan dengan nilai PCI 54,4 yang masuk kedalam kategori fair (sedang). Metode Bina Marga didapat nilai urutan prioritas 5 yang masuk ke dalam program pemeliharaan berkala. Penanganan yang dilakukan mengacu kepada buku Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan (1992) berupa pengaspalan (P2), mengisi retakan (P4), Penambalan lubang (P5), Perataan (P6). Maka jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah.

Downloads

Published

2021-08-30