STUDI PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) Studi Kasus: Ruas Jalan Sungai Hangat – Pulau Sangkar, Kerinci STA 10+500 – 15+500

Authors

  • Azizatun Ulya Universitas Bung Hatta
  • Eva Rita Universitas Bung Hatta
  • Embun Sari Ayu Universitas Bung Hatta

Abstract

Akibat volume lalu lintas yang tinggi, beban kendaraan berlebih dan saluran drainase yang tidak berfungsi mengakibatkan terjadinya kerusakan pada perkerasan jalan Sungai Hangat – Pulau Sangkar. Kerusakan mengakibatkan terganggunya kenyamanan dan keamanan pengendara serta dapat menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi kondisi kerusakan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan International Roughness Index (IRI). Hasil penilaian kerusakan jalan berdasarkan metode PCI adalah 38,68 dengan tingkat perkerasan buruk (poor) dan berdasarkan metode IRI adalah 10,64 dengan tingkat kerusakan jalan rusak ringan. Hasil dari kedua metode tersebut penanganan yang tepat untuk mengatasi kerusakan pada perkerasan jalan adalah peningkatan jalan. Kata kunci: Kerusakan Jalan, Identifikasi, PCI, IRI

Downloads

Published

2023-03-27