PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN TOL BINJAI-PANGKALAN BRANDAN SEKSI BINJAI-STABAT PROVINSI SUMATRA UTARA

Authors

  • Ocha Vernanda Universitas Bung Hatta
  • Eva Rita Universitas Bung Hatta
  • Rahmat Universitas Bung Hatta

Abstract

Jalan Tol Binjai-Stabat adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang menggunakan perkerasan kaku sebagai lapis permukaannya. Pembangunan Jalan tol ini bertujuan untuk menghemat waktu, memperlancar lalu lintas, dan meningkatkan ekonomi pada wilayah tersebut. Untuk perencanaan tebal perkerasan kaku digunakan metode MDPJ 2017. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan ketebalan perkerasan kaku 285mm, ketebalan LMC 100mm, dan ketebalan LD150mm. Dengan menggunakan 2 tipe sambungan yaitu sambungan melintang diameter 32mm, dan panjang 450mm serta jarak antar tulangan 400mm. Untuk sambungan memanjang menggunakan diameter 19mm,panjang 880mm serta jarak tulangan 550mm. Untuk rencana anggaran biaya pada perkerasan kaku adalah Rp 242.847.386.859,79. Kata kunci: Perkerasan Kaku, Tol, MDPJ 2017

Downloads

Published

2023-03-27